Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran di Lingkungan Sekolah Dengan Menggunakan Aplikasi Autoplay Terhadap Minat Belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan

Penulis

  • Rina Sari Situmorang Pendidikan Vokasional Informatika

Kata Kunci:

media autoplay, minat belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa SMK 1 Padang Sidimpuan tentang pengaruh media
pembelajaran di lingkungan sekolah dengan menggunakan aplikasi autoplay,dan untuk mengetahui adanya pengaruh
media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi autoplay terhadap minat belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas X SMK 1 Padang Sidimpuan yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan
data adalah observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif dan teknik
analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis, tes pertama (pre – test ) dengan jumlah rata – rata 52%, tes kedua (pos –
test) rata – rata 68%. Selain dilihat dari pencapaian rata-rata presentase skor minat, di dalam uji juga menjelaskan
bahwa nilai hitung -8,479 berdasarkan tabel distribusi t, nilai ttabel untuk df = 35 sebesar 2,042, dan nilai signifikansi
0,000<0,05. Dengan nilai thitung < ttabel, dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak, artinya terdapat
pengaruh media pembelajaran di lingkungan sekolah dengan menggunakan aplikasi autoplay terhadap minat belajar di
SMK 1Padang Sidimpuan.

Referensi

Abu Ahmadi , Widodo Supriyono (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adnan. (2010). E-Learning, Tantangan dan Peluang Pendidikan Di Abad 21.

Amin, A. M. (2009). Pengaruh Penggunaan

Media Pembelajaran Berbasis ICT(Information

and Communication Technology) Terhadap

Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas XI SMA

Negeri 11 Makassar pada Konsep Sel. Skripsi.

Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Bakrowi. (2007). Microsoft Power Point

sebagai Media Pembelajaran Materi Unsur,

Senyawa, dan Campuran Berbasis STAD.

http://jurnalpi. files.wordpress.com. Diakses

tanggal 27 Agustus 2014. Bloom, B. S. (1981).

Taxonomy of Educational Objectives. New

York: Longman Inc. Depniknas. (2005). Kamus

Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. Balai

Pustaka. Jakarta.

Djamarah, B. S dan Zain, A. (2006). Strategi

Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Dimyati. 2006. Belajar dan pembelajaran.

Depertemen pendidikan dan kebudayaan.

Jakarta.

Ekawati, M. 2011. The Development of

Biology Instructional Media for Senior High

School Based E-Learning by Using Moodle

0.3 Software (Study in The Concept of Human

Reproduction System). Skripsi tidak diterbitkan.

Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-29

Cara Mengutip

Sari Situmorang, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran di Lingkungan Sekolah Dengan Menggunakan Aplikasi Autoplay Terhadap Minat Belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(1), 23–27. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/7