Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran di Lingkungan Sekolah Dengan Menggunakan Aplikasi Autoplay Terhadap Minat Belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan

Penulis

  • Rina Sari Situmorang Pendidikan Vokasional Informatika

Kata Kunci:

media autoplay, minat belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa SMK 1 Padang Sidimpuan tentang pengaruh media
pembelajaran di lingkungan sekolah dengan menggunakan aplikasi autoplay,dan untuk mengetahui adanya pengaruh
media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi autoplay terhadap minat belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas X SMK 1 Padang Sidimpuan yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan
data adalah observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif dan teknik
analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis, tes pertama (pre – test ) dengan jumlah rata – rata 52%, tes kedua (pos –
test) rata – rata 68%. Selain dilihat dari pencapaian rata-rata presentase skor minat, di dalam uji juga menjelaskan
bahwa nilai hitung -8,479 berdasarkan tabel distribusi t, nilai ttabel untuk df = 35 sebesar 2,042, dan nilai signifikansi
0,000<0,05. Dengan nilai thitung < ttabel, dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak, artinya terdapat
pengaruh media pembelajaran di lingkungan sekolah dengan menggunakan aplikasi autoplay terhadap minat belajar di
SMK 1Padang Sidimpuan.

Referensi

Abu Ahmadi , Widodo Supriyono (1991).Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adnan. (2010). E-Learning, Tantangan dan

Amin, A. M. (2009). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT(Information and Communication Technology) Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar pada Konsep Sel. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Amir, M. (2012). The Development of Weblog (Blog) as A Learning Resource on The Concept of Respiratory System. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Anderson, O.W. & Krathwohl, D.R., (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.

Arikunto. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi

Asnawir & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Ciputat Press. Jakarta. Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asrullah. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Gerak Manusia Melalui Penggunaan Media Visual Dalam Bentuk Microsoft Powerpoint Siswa Kelas XI IPA5

Bakrowi. (2007). Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran Berbasis STAD. http://jurnalpi. files.wordpress.com. Diakses tanggal 27 Agustus 2014. Bloom, B. S. (1981). Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman Inc. Depniknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. Balai Pustaka. Jakarta.

Djamarah, B. S dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta. Dimyati. 2006. Belajar dan pembelajaran. Depertemen pendidikan dan kebudayaan. Jakarta.

Ekawati, M. 2011. The Development of Biology Instructional Media for Senior High School Based E-Learning by Using Moodle

Embas, L.S. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi SMP dengan menggunakan Media Powerpoint pada Konsep Sistem Reproduksi. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Ermawita, E., & Zainy, A. (2019). Desain MEDIA Pembelajaran Materi Perangkat Keras Komputer Menggunakan Adobe Flash Cs5. Jurnal Education and Development, 7(2), 561637.

Fauzi, R. (2016). Implementasi Jaringan Saraf Tiruan Dengan Metode Backpropagation Terhadap Bibit Tanaman Karet. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 1-11.

Fauzi, R. (2017). Identifikasi Jenis Tanaman Tin Sesuai Dengan Bentuk Daun Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan (Jst) Dengan Metode Backpropafation. Jurnal Education and Development, 6(3), 73-73.

Fauzi, R. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Profile Matching untuk Menentukan Kualitas Hasil Produk (Studi Kasus di Unit Produksi Smk Negeri 1 Ampek Angkek). Jurnal Education and Development, 6(3), 115-115.

Fauzi, R. (2020). PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DOSEN TERBAIK (STUDI KASUS: INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN). JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(4), 17-17.

Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Peggunaan MEDIA Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and Development, 9(3), 426-430.

Fauzi, R., Hastini, F., & Batubara, I. S. (2022). Analisis Penggunaan Spada Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Prodi Pendidikan Vokasional Informatika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 10(1), 411-414.

Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 11(1), 437-442.

Hakim, L. (2021). Transformasi pendidikan agama islam: strategi dan adaptasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(4), 760-766.

Hakim, L. (2021). Transformasi pendidikan agama islam: strategi dan adaptasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(4), 760-766.

Haling, Abdul. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM. Makassar.

Harahap, E., Zainy, A., Fauzi, R., & Lubis, I. S. (2024). PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 216-220.

Harahap, M. S., & Fauzi, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis web. Jurnal Education and development, 4(5), 13-13.

Harahap, M. S., Fauzi, R., Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Lesson Study Berbasis Point System Terhadap Keaktifan Mahasiswa. Jurnal Education and Development, 8(1), 262-262.

Harun dan Zaidatun. (2004). Teknologi Multimedia dalam Pendidikan. http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/m m/elemenMM.pdf. Diakses tanggal 14 Agustus 2014.

Hernawati, K. (2010). Modul Pelatihan Autoplay Media Studio. Makalah disampaikan pada dalam Kegiatan PPM dengan judul: Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Perangkat Lunak Bantu Autoplay Media Studio bagi Guru Sekolah Menengah, pada Tanggal 14 November 2009 di Laboratorium Komputer Jurdik Matematika FMIPA UNY.

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research) (Aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Word Editor:mOffice 2003.

Kom, E. S. P. M., & Fauzi, R. (2022). Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Education and Development, 10(2), 619-625.

Lubis, J. R., Fauzi, R., Fauzan, M., & Sari, L. P. (2019). Rumus matematika sekolah dasar berbasis android menggunakan ADT (Android Developer Tools). Jurnal Education and Development, 7(1), 103-103.

Lubis, N. F. (2020). Validitas pengintegrasian pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran kimia kurikulum 2013 untuk meningkatkan kompetensi soft skills dan hard skills siswa ditinjau dari kelayakan isi. Jurnal Education and Development, 8(2), 328-328.

Meliza, M., & Ermawita, E. (2024). META-ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 172-179.

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

Peluang Pendidikan Di Abad 21. http://blog.unm.ac.id/adnanbio/2010/06/. Diakses tanggal 24 Juni 2017.

Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

R. ,S.Pd., M.Kom. and J. Lubis, “PENGARUH PENGGUNAAN CISCO PACKET TRACER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SWASTA MITRA MANDIRI PANYABUNGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, pp. 61-64, Apr. 2018

Sari, L. P., Hatchi, I., Pd, E. S., Kom, M., & Kahanna, M. (2020). Modul Ajar Fisika Dasar Berbasis Model Project Based Learning (Pjbl) Yang Efektif Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Education And Development, 8(1), 272-272.

Siregar, D. A., Sari, L. P., Ermawita, E., & Fauzi, R. (2024). PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 168-171.

Siregar, D. A., Sari, L. P., Ermawita, E., & Fauzi, R. (2024). PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 168-171.

Siregar, L. H. (2018). Efektifitas Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Education and Development, 3(2), 94-94.

Siregar, L. H. (2019). Penerapan metode pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa di institut pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development, 7(1), 91-91.

Siregar, L. H., Rambe, Y. M., & Lubis, U. K. (2020). Ensiklopedia budaya TAPPATAMA (tapanuli selatan, padang lawas, tapanuli utara dan mandaling) berbasis android untuk menumbuh kembangkan cinta budaya bangsa siswa sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 944-944.

SMA Negeri 3 Makassar.Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Software (Study in The Concept of Human Reproduction System). Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Zainy, A. (2020). Identifikasi Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Menggunakan Metode Backpropagation. Jurnal Education and Development, 8(1), 57-57.

Zainy, A., Nasution, H. N., & ahdi Lubis, I. S. (2020). MEDIA Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar di Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 8(4), 527-527

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-02-05

Cara Mengutip

Sari Situmorang, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran di Lingkungan Sekolah Dengan Menggunakan Aplikasi Autoplay Terhadap Minat Belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(1), 23–27. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/7