Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran di Lingkungan Sekolah Dengan Menggunakan Aplikasi Autoplay Terhadap Minat Belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan
Kata Kunci:
media autoplay, minat belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa SMK 1 Padang Sidimpuan tentang pengaruh media
pembelajaran di lingkungan sekolah dengan menggunakan aplikasi autoplay,dan untuk mengetahui adanya pengaruh
media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi autoplay terhadap minat belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas X SMK 1 Padang Sidimpuan yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan
data adalah observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif dan teknik
analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis, tes pertama (pre – test ) dengan jumlah rata – rata 52%, tes kedua (pos –
test) rata – rata 68%. Selain dilihat dari pencapaian rata-rata presentase skor minat, di dalam uji juga menjelaskan
bahwa nilai hitung -8,479 berdasarkan tabel distribusi t, nilai ttabel untuk df = 35 sebesar 2,042, dan nilai signifikansi
0,000<0,05. Dengan nilai thitung < ttabel, dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak, artinya terdapat
pengaruh media pembelajaran di lingkungan sekolah dengan menggunakan aplikasi autoplay terhadap minat belajar di
SMK 1Padang Sidimpuan.
Referensi
Abu Ahmadi , Widodo Supriyono (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Adnan. (2010). E-Learning, Tantangan dan Peluang Pendidikan Di Abad 21.
Amin, A. M. (2009). Pengaruh Penggunaan
Media Pembelajaran Berbasis ICT(Information
and Communication Technology) Terhadap
Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas XI SMA
Negeri 11 Makassar pada Konsep Sel. Skripsi.
Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Bakrowi. (2007). Microsoft Power Point
sebagai Media Pembelajaran Materi Unsur,
Senyawa, dan Campuran Berbasis STAD.
http://jurnalpi. files.wordpress.com. Diakses
tanggal 27 Agustus 2014. Bloom, B. S. (1981).
Taxonomy of Educational Objectives. New
York: Longman Inc. Depniknas. (2005). Kamus
Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. Balai
Pustaka. Jakarta.
Djamarah, B. S dan Zain, A. (2006). Strategi
Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Dimyati. 2006. Belajar dan pembelajaran.
Depertemen pendidikan dan kebudayaan.
Jakarta.
Ekawati, M. 2011. The Development of
Biology Instructional Media for Senior High
School Based E-Learning by Using Moodle
0.3 Software (Study in The Concept of Human
Reproduction System). Skripsi tidak diterbitkan.
Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.