PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN

Penulis

  • sumira simbolon institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Animasi, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKJ di SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Shot Case Study. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas X TKJ SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara total sampling. Sehingga sampel penelitian yang diambil yaitu kelas X TKJ. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan angket berupa angket media pembelajaran berbasis animasi dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif diperoleh nilai rata-rata media pembelajaran 79,17 berada pada kategori "baik". Sedangkan motivasi belajar siswa nilai rata-rata 88,33 berada pada kategori "sangat baik". Hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji test dari hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh nilai 1-test 0,064 berarti hipotesis diterima yang signifikansi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis di terima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis animasi pada mata pelajaran komputer jaringan dasar terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKJ di SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan.

Biografi Penulis

Lukman Hakim Siregar, institut pendidikan tapanuli selatan

Alfajri, M. 2021. Analisis Pemanfaatan

Media Animasi Dalam Anime Hataraku Saibo (Celsst At Work) Sebagai Sumber Belajar Biologi Sel. Jurnal Pendidikan Dan Sains Vol 2. No 2. 303-318. P-ISSN 2747-1349, e-ISSN 2774-5627.

Arianti. 2018. Peranan Guru Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. Vol 12. No 2. 117-134. ISSN: 1978-0214.

Abdullah Ma’ruf. 2015. Metodologi

Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo. Asri, S., & Sumbodo, W. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap HasilBelajar       Siswa     Pada Kompetensi                 Dasar Memproses               Bentuk Permukaan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 17. No 2.

Badaruddin Achmad. 2015. Peningkatan

Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Cb Abe Kreatifindo. Padang: Sumatra Barat.

Budiariawan, I. P. 2019. Hubungan

Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol 3. No 2. 103-111. P-ISSN 2087-9040, e-ISSN 2613-9537.

Batubara, H. H. 2020. Media Pembelajaran

Efektif. Semarang: Fatawa Publishing. Damayanti, P. A., dan Qohar, A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 10. No 2. 119-124.

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. 2019.     Belajar dan Pembelajaran.

Sulawesi Selatan: Cv Kaaffah Learning Center.

Dolong, Jufri. 2016. Teknik Analisis Dalam

Komponen Pembelajaran. vol 8. No 2. Fikri, Hasnul. dan Ade. S. M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fahyuni, F, E. dan Dra Istiqomah. 2016.

Psikologi Belajar & Mengajar. Nizamia Learning Center. Hasan, Muhammad Dkk. 2021. Media Pembelajaran.Tahta Media.

Handayani, R. D. 2017. Analysis Of

Instrinsic And Axtrinsic Motivation Of Physical-Teatcher Student Candidates. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inopasi Pmbelajaran. Vol 1. No 2. 223150.

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT12(1), 269-274.

Referensi

Alfajri, M. 2021. Analisis Pemanfaatan

Media Animasi Dalam Anime Hataraku Saibo (Celsst At Work) Sebagai Sumber Belajar Biologi Sel. Jurnal Pendidikan Dan Sains Vol 2. No 2. 303-318. P-ISSN 2747-1349, e-ISSN 2774-5627.

Arianti. 2018. Peranan Guru Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. Vol 12. No 2. 117-134. ISSN: 1978-0214.

Abdullah Ma’ruf. 2015. Metodologi

Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo. Asri, S., & Sumbodo, W. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap HasilBelajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memproses Bentuk Permukaan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 17. No 2.

Badaruddin Achmad. 2015. Peningkatan

Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Cb Abe Kreatifindo. Padang: Sumatra Barat.

Budiariawan, I. P. 2019. Hubungan

Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol 3. No 2. 103-111. P-ISSN 2087-9040, e-ISSN 2613-9537.

Batubara, H. H. 2020. Media Pembelajaran

Efektif. Semarang: Fatawa Publishing. Damayanti, P. A., dan Qohar, A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 10. No 2. 119-124.

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran.

Sulawesi Selatan: Cv Kaaffah Learning Center.

Dolong, Jufri. 2016. Teknik Analisis Dalam

Komponen Pembelajaran. vol 8. No 2. Fikri, Hasnul. dan Ade. S. M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fahyuni, F, E. dan Dra Istiqomah. 2016.

Psikologi Belajar & Mengajar. Nizamia Learning Center. Hasan, Muhammad Dkk. 2021. Media Pembelajaran.Tahta Media.

Handayani, R. D. 2017. Analysis Of

Instrinsic And Axtrinsic Motivation Of Physical-Teatcher Student Candidates. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inopasi Pmbelajaran. Vol 1. No 2. 223150

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

sumira simbolon, Lukman Hakim Siregar, & Ermawita. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 35–44. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2139

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>