PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ILMUKOMPUTER DENGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MEDIA AUTOPLAY DESAIN DI SMK N 1 PADANGSIDIMPUAN
Kata Kunci:
media pembelajaran autoplay designAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat penerapan penggunaan media pembelajaran ilmu komputer
dengan menggunakan aplikasi pembelajaran media autoplay desain di SMK N 1 Padangsidimpuan. Metode
penelitian menggunakan metode deskriptif-kuantitatif yaitu dengan pengumpulan data berupa angket, test,
wawancara yang kemudian selanjutnya dilakukan analisis data. Hasil penelitian penerapan penggunaan media
pembelajaran ilmu komputer dengan aplikasi pembelajaran media autoplay desain ini diperoleh bahwa dengan
penerapan penggunaan media pembejaran ilmu komputer dengan Aplikasi Pembelajaran Autoplay Desain ini
mendapatkan respon yang sangat baik dari pihak sekolah dan siswa dengan rata-rata hasil rating sebesar 90,9%.
Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan autoplay desain ini layak digunakan
sebagai media pembelajaran.
Referensi
Abrianto, Danny dan Harun Sitompul.2014.
“Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis
Komputer dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil
Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi”.
Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam
Pendidikan, Vol. 1, No. 1.
Arsyad, Azhar. 2014.Media Pembelajaran. PT.Raja
Grafindo Persada, Jakarta.
Inesa, Wijaya dan Lusia Rakmawati. 2015.
“Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay
Media Studio Pada Mata Pelajaran Perekayasaan
Sistem Audio di SMK Negeri 3 Surabaya”.
Jurnal Pendidikan Elektro. Vol.04, No.03.
Hernawati, Kuswari. diakses tanggal 22 Februari
2009. Modul Penelitian AutoPlay Media
Studio,(Online).
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdia
n/ku swari-hernawati-ssi-mkom/modul-autoplaymediastudio.pdf
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Alfabeta,Bandung.
Widoyoko, Eko, P. 2012. Teknik Penyusunan
Penelitian. Pustaka Belajar, Yogyakarta.