PENGARUH PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Rina Astria Zega Rohma Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Febriani Hastini Nasution Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Pembelajaran Ekspositori, Autoplay Media Studio 8, , Struktur Kontrol Perulangan

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ekspositori berbasis autoplay media studio 8 terhadap hasil belajar siswa materi struktur kontrol perulangan di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Lumut Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Lumut yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 115 siswa. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh : (1) Gambaran penggunaan pembelajaran ekspositori berbasis autoplay media studio 8 terhadap hasil belajar siswa materi struktur kontrol perulangan di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Lumut tahun ajaran 2021/2022 diperoleh nilai rata-rata 3,55 dengan kategori “Sangat Baik”; (2) Gambaran hasil belajar siswa materi struktur kontrol perulangan di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Lumut tahun ajaran 2021/2022 sebelum menggunakan pembelajaran ekspositori berbasis autoplay media studio 8 diperoleh rata-rata 61,89 dengan kategori “Cukup” dan sesudah menggunakan pembelajaran ekspositori berbasis autoplay media studio 8 diperoleh rata-rata79,86 dengan kategori “Baik”; (3) Terdapat pengaruh pembelajaran ekspositori berbasis autoplay media studio 8 terhada hasil belajar siswa materi struktur kontrol perulangan di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Lumut tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji independent sample test diketahui nilai signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,000.

Referensi

Bahri, A., Hidayat, W., & Muntaha, A. Q. 2018. Penggunaan Media Berbasis Autoplay Media Studio 8 untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran. Proceeding Biology Education Conference , 15 (1), 394-402.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi , 18 (1), 25-30.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Bungin, B. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta.

Djaelani, M. 2010. Metode Penelitian Bagi Pendidik. Jakarta barat: PT. Multi Kreasi Satudelapan.

Fathoni, A. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harumy, H. F., Windarto, A. P., & Sulistianingsih, I. 2016. Belajar Dasar Algoritma & Pemrograman C++. Yogyakarta: CV Budi Utana.

Hasan, B., & Hermanto, D. 2019. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AutoPlay bagi Kelompok. Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat , 1 (2), 53-59

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

Rohma, R. A. Z., Lukman Hakim Siregar, & Febriani Hastini Nasution. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 6–11. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/294

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>