DISEMINASI, EDUKASI, DAN LITERASI KEUANGAN RUMAH TANGGA UNTUK MEMINIMALISIR PERAN RENTENIR “KOPERASI DOOR TO DOOR” MELALUI PENDEKATAN MODAL SOSIAL

Isi Artikel Utama

Dinda Vebrina
Panca Aritonang
Moria Hutabarat
Jupika Sitompul
Joni Pasaribu
Edysyah Putra

Abstrak

Budaya berhutang sudah menjamur di masyarakat Indonesia. Bukan hanya dikota tetapi juga di berbagai desa. Berdasarkan hasil survey kami di Desa Aek Natas Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanali Selatan, terdapat 70 % Kk yang meminjam ke Rentenir. Minimnya pengetahuan masyarakat akan literasi keuangan mengakibatkan masyarakat selalu berakhir dengan berurusan kepada rentenir. Masyarakat akan membayar bunga yang cukup besar, atau bahkan dua kali lipat dari jumlah yang dipinjamnya. Hal inilah yang mendasari kami melakukan diseminasi dan edukasi keuangan rumah tangga. Kurangnya diseminasi mengenai literasi keuangan rumah tangga pada desa ini mengakibatkan minimnya pengetahuan masyarakat akan manajemen keuangan yang baik dan benar. Akibatnya keuangan rumah tangga yang sudah direncanakan penggunaanya sudah habis bahkan sebelum waktunya. Inilah penyebab masyarakat memilih meminjam ke rentenir untuk membantu perekonomiannya, tanpa memikirkan dampak yang akan mereka hadapi dimasa depan apabila mereka tidak sanggup mengembalikan pinjaman tersebut beserta bunga pinjaman yang sudah ditetapkan. Berdasarkan permasalahan yang kami temukan di Desa Aek Natas, Konsep Modal Sosial merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan masyarakat mitra. Modal sosial ini bisa menjadi angin segar di tandusnya cengkraman rentenir “Koperasi Door to Door”. Adapun langkah awal yang kami lakukan agar masyarakat mitra bisa menerapkan konsep modal sosial adalah dengan memberikan diseminasi, edukasi dan literasi keuangan rumah tangga untuk meminimalisir peran rentenir “koperasi door to door”. 


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Vebrina, Dinda, Panca Aritonang, Moria Hutabarat, Jupika Sitompul, Joni Pasaribu, dan Edysyah Putra. “DISEMINASI, EDUKASI, DAN LITERASI KEUANGAN RUMAH TANGGA UNTUK MEMINIMALISIR PERAN RENTENIR ‘KOPERASI DOOR TO DOOR’ MELALUI PENDEKATAN MODAL SOSIAL”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 124–130. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1328.
Bagian
adam

Referensi

Anugrah, R. 2018.Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Masyarakat Dengan Niat Sebagai Variabel Intervening. Skripsi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Handayani, N.2007. Modal Sosial dan Keberlangsungan Usaha. Skripsi.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Handoko, R. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Locus of Control Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Istiharoh, M. 2016. Peran Modal Sosial Pada Masyarakat Industri Rumahan Kerajinan Bandol Di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Skripsi.Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah.

Khairi, M. 2018. Dampak Pinjaman Rentenir Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Di Pasar Pagi Pulo Brayan Bengkel. Skripsi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara, Medan.

Khasanah, U., Abdullah, M. W., & K.A. 2019. Dampak Praktik Rentenir Terhadap Kesejahteraan Pedagang Eceran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3, 12-26.

Maulani, S. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan.

Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah.

Roestanto, Apriliani. 2017. Literasi Keuangan.Istana media.Yogyakarta. Sabilla,S.O. Wijayangka,Candra.2019.Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap

Pertumbuhan Usaha Pada UMKM. Vol.3, Jurnal manajemen dan bisnis. Santoso, Thomas.2020. Memahami modal sosial.CV Saga Jawadwipa. Surabaya.

Siboro,I.K. 2015.Rentenir(analisis terhadap fungsi pinjaman berbunga dalam masyarakat rokan hilir kecamatan bagan sinembah desa bagan batu).vol.2,Jom Fisip.

Nisa H. 2020. Analisis Dampak Rentenir Terhadap Ekonomi Masyarakat Dikecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi. Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Banda Aceh.

Yushita Novi A. 2017. Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Volume VI Nomor 1/ Tahun 2017. Jurnal Nominal.