PEMANFAATAN LIMBAH KULIT APEL MENJADI MAKANAN BERNILAI EKONOMIS

Isi Artikel Utama

Edysyah Putra
Dinda Vebrina
Rizka Akhirani Pohan
Nurul Wasilah Siregar
Chindy Napitupulu

Abstrak

Apel adalah salah satu buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Apel digemari  karena rasanya yang manis dan kandungan gizinya yang tinggi. Buah apel mempunyai kandungan air dan vitamin yang tinggi, serta kalori yang cukup kecil. Selain buahnya, kulit apel juga kaya akan serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Ketersediaan kulit apel yang melimpah dapat diolah menjadi tepung kulit apel untuk memanfaatkan potensi dan memperluas penggunaannya. Pada pengabdian masyarakat ini, kami akan mengajak kaum remaja Muara Padang, Kec Padang Bolak, Kab Paluta, untuk memanfaatkan kulit buah apel menjadi keripik. Keripik kulit apel cocok untuk jadi cemilan sehat, rasanya juga lezat dengan tekstur renyah dan citarasa manis sedikit asam. Pembuatan kulit keripik buah apel ini dapat menciptakan peluang kerja bagi remaja dan juga ibu-ibu rumah tangga di desa Muara Padang, Kec Padang Bolak, Kab Paluta. Dalam kegiatan pengabdian, akan dijelaskan bahan baku, prosedur kerja dan penghitungan biaya produksi pembuatan keripik berbahan kulit buah apel. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini diskusi, paparan dan praktik pembuatan keripik kulit buah apel.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putra, Edysyah, Dinda Vebrina, Rizka Akhirani Pohan, Nurul Wasilah Siregar, dan Chindy Napitupulu. “PEMANFAATAN LIMBAH KULIT APEL MENJADI MAKANAN BERNILAI EKONOMIS”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 6, 2023): 368–373. Diakses April 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1604.
Bagian
adam

Referensi

Subagyo, P., dan Achmad Z,. 2010. Pemungutan Pektin Dari Kulit dan Ampas Apel Secara Ekstraksi. Yogyakarta : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Geografic, N. (2016). Indonesia Darurat Sampah . Indonesia darurat sampah. http://nationalgeografic.co.id/berita/2016/01/indonesia-darurat-sampah. diakses pada tanggal 14 September 2020

Hardiatmi, S. 2011. Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Sampah Kota. INNOFARM. Jurnal Inovasi Pertanian, 10(1): 50-66.

M Fadhil dan M Ashoer, 2019. Usaha Manisan Aneka Rasa Melalui Pemanfaatan Kulit Jeruk Pamelo Di Desa Padanglampe Kabupaten Pangkep. Buletin Udayana Mengabdi. Volume 18 Nomor 3, Juli 2019.