PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN DALAM PEMBENTUKAN KOPERASI DI PC PATAYAT NU KOTA PADANG SIDEMPUAN

Isi Artikel Utama

Samakmur Samakmur
Dinda Vebrina
Muhammad Pahrul Rozi
Ahmad Fauzan
Panca Putri

Abstrak

Keberhasilan produktivitas kerja dipengaruhi oleh pengelolaan dalam organisasi, baik organisasi yang bersifat formal maupun nonformal. Dalam meningkatkan produktivitas kerja yang diharapkan organisasi harus bisa memantau para anggota apakah mereka sudah mampu menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik atau tidak. Faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja anggota salah satunya adalah dengan menumbuhkan kepemimpinan yang menjalankan peran pemimpin dengan baik dan bijaksana. Pemimpin yang berhasil hendaknya memiliki beberapa kriteria yang tergantung pada sudut pandang atau pendekatan yang digunakan, apakah itu kepribadiannya, keterampilannya, bakat, sifat-sifatnya, atau kewenangannya yang dimiliki yang mana nantinya sangat berpengaruh terhadap peranan yang akan diterapkan. Alasan dasar mengapa para pemimpin itu penting, karena mereka bertanggung jawab atas keefektifan organisasi, keberhasilan atau kegagalan dari semua organisasi terletak pada kualitas pemimpinnya. PKM Pelatihan Kepemimpinan Dan Pembuatan Laporan Keuangan Dalam Pembentukan Koperasi Di PC PATAYYAT NU Kota Padangsidimpuan bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan pemimpin ataupun calon pemimpin agar bisa mewujudukan tujuan perusahaan serta meningkatkan produktifitas pemimpin/ atasan dalam sebuah tim, agar hubungan antara atasan dengan bawahan juga terjalin dengan baik serta melatih agar para anggota koperasi memahami dan mampu menyusun laporan keuangan yang baik dan benar guna pengambilan keputusan dalam kegiatan koperasi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Samakmur, Samakmur, Dinda Vebrina, Muhammad Pahrul Rozi, Ahmad Fauzan, dan Panca Putri. “PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN DALAM PEMBENTUKAN KOPERASI DI PC PATAYAT NU KOTA PADANG SIDEMPUAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 179–184. Diakses April 13, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1386.
Bagian
adam

Referensi

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja

Baridwan, Zaki. 2011. Intermediate Accounting, Edisi 8. Yogyakarta:BPFE Yogyakarta.

Kasmir. (2012), Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Muhardi. (2013). Analisis laporan keuangan proyeksi dan Vvluasi saham. Jakarta: Salemba.

Rachmawati, E. (2004). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Basis Meraih Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Ekonisia

S. Munawir. (2010).Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Samsudin, Sadili. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Wukir, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah, Cetakan I, Multi Presindo, Yogyakarta.