HIPERTALA (HIDUPKAN PERMAINAN TRADISIONAL ANGKOLA) UNTUK PENGUATAN LITERASI, NUMERASI DAN KARAKTER ANAK DI DESA RIMBA SOPING

Isi Artikel Utama

Gabby Maureen Pricilia
Nina Nurbaidah
Habib Rahmansyah
Zulfadli Zulfadli

Abstrak

Literasi, numerasi, dan karakter anak bangsa merupakan dasar penting untuk kecakapan hidup di abad ke-21 dan merupakan indikator kemajuan suatu bangsa, sehingga harus mendapatkan perhatian yang serius. Mitra dalam kegiatan ini adalah anak-anak usia SD di Desa Rimba Soping yang menunjukkan kemampuan literasi, numerasi yang masih rendah dan perlu penguatan karakter. Penguatan literasi, numerasi dan karakter anak dilakukan dengan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Program HIPERTALA (Hidupkan Permainan Tradisional Angkola) bagi anak-anak usia SD di Desa Rimba Soping. Permainan tradisional Angkola seperti marsimbak, markuling-kuling acca, markalas-kalas, marjambatan Tapanuli, adong ma sada carito merangsang anak-anak untuk membangun komunikasi satu sama lain, menceritakan apa yang ia pikirkan, berhitung dan sebagainya yang merupakan kemampuan dasar literasi dan numerasi yang sangat dibutuhkan. Dan melalui permainan tradisional tersebut, karakter kerjasama, jujur, cinta budaya, bersahabat, komunikatif, peduli, disiplin, tertib ditanamkan dan dikuatkan. Dengan HIPERTALA literasi, numerasi dan karakter anak mengalami perubahan positif sekaligus melestarikan permainan tradisional Angkola.


Kata kunci: literasi, numerasi, karakter, permainan tradisional Angkola

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pricilia, Gabby Maureen, Nina Nurbaidah, Habib Rahmansyah, dan Zulfadli Zulfadli. “HIPERTALA (HIDUPKAN PERMAINAN TRADISIONAL ANGKOLA) UNTUK PENGUATAN LITERASI, NUMERASI DAN KARAKTER ANAK DI DESA RIMBA SOPING”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (Agustus 10, 2024): 278–286. Diakses September 26, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/2120.
Bagian
adam

Referensi

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. 2020. Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika. 9(2): 237– 247.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. 2019. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal). 3(1): 93.

Husain, Setyawan. 2013. Penguatan Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Depok. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Kurniati, E. 2006. Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 97–114.

Mulyadiprana, A. dkk. 2017. Permainan Tradisional Kaulinan Barudak untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Diri Sendiri Anak Usia Dini. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 1(2), hlm. 181-189.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama