SOSIALISASI PEMBUATAN KERIPIK PELEPAH PISANG DI KELURAHAN SIMATORKIS

Isi Artikel Utama

Sri Rahmi Tanjung
Samakmur Samakmur
Meliza Meliza
Zulfadli Zulfadli
Rida Rahmadani Rambe
Telistina Nasution
Maysa Fitri Harahap

Abstrak

Salah satu bentuk usaha yang mungkin dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah dengan berwirausaha dengan membuat keripik. Produk olahan makanan berbahan pohon pisang dipilih sebagai usaha untuk berwirausaha karena memiliki prospek yang baik. Selain buahnya ada bagian lain yang bisa dimanfaatkan seperti bonggol pisang. Mengingat manfaat dan kandungan gizi yag bagus maka diverivikasi bonggol pisang diperlukan agar produk lebih bisa diterima oleh masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah melatih masyarakat Kelurahan Simatorkis membuat keripik bonggol pisang enak dengan bahan baku yang mudah didapatkan dan ada disekitar mereka sehingga dapat menambah penghasilan rumah tangga. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode ceramah dan praktik. Pada kegiatan ini dilakukan pembinaan terhadap mitra dengan mendeskripsikan proses membuat keripik bonggol pisang.Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam membuat produk olahan keripik bonggol pisang sehingga dapat memberikan dampak positif. dampak positif dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait pembuatan olahan produksi dari pohon pisang.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tanjung, Sri Rahmi, Samakmur Samakmur, Meliza Meliza, Zulfadli Zulfadli, Rida Rahmadani Rambe, Telistina Nasution, dan Maysa Fitri Harahap. “SOSIALISASI PEMBUATAN KERIPIK PELEPAH PISANG DI KELURAHAN SIMATORKIS”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 144–149. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1385.
Bagian
adam

Referensi

Supriyadi A, Satuhu S. 2008. Pisang Budi daya Pengolahan dan Prospek Pasar. Jakarta:Swadaya.

Herlambang A, Asmawati E, Haryono Y. 2018. Implementasi Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga Kerupuk di Sidoarjo. Agrokreatif Jurnal.

Sidiq, A. W., Niati, A., Rizkiana, C., & Soedarmadi, S. (2020). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga dengan Memanfaatkan Limbah Pohon Pisang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 110-114.

Munte, Sarah Intan, Hamdan, Mohamad Pratomo, Bristoph, Putri, Irriwad Hadi, L. dan Hanief

Remediel (2008), Keripik dari batang muda pisang yang bernilai serat tinggi.

https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/33467

Kustiari, R., Sayaka, B., & Pasaribu, S. (2011). Teknologi Pengolahan Hasil untuk Mengatasi

Masalah Ketahanan Pangan. Teknologi Pengolahan Hasil untuk Mengatasi Masalah

Ketahanan Pangan , Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pangan, Bogor

Rismunandar, 1981. Penyakit Tanaman Pangan dan Pembasmiannya. Bandung: Sinar Baru.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama