GERAKAN EDULITE (EDUKASI DAN LITERASI) ANTI BULLYING BAGI SISWA/I SDN 200409 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Habib Rahmansyah
Gabby Maureen Pricilia
Angelina Monthesari Manullang
Pinmade Vionita Tampubolon

Abstrak

Bullying merupakan salah satu dosa besar dalam pendidikan yang mendapatkan perhatian serius. Hal ini harus dicegah dan diatasi dengan efektif. Khususnya di Sekolah Dasar, perlu dilakukan pencegahan sedini mungkin. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan edukasi dan literasi yang diberikan. Dosen dan mahasiswa melalui luaran mata kuliah Pendidikan karakter melaksanakan gerakan edukasi dan literasi anti bullying di SDN 200409 Padangsidimpuan sebagai upaya pencegahan bullying di sekolah. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran seluruh warga sekolah tentang bullying, khususnya siswa/i di SDN 200409 melalui edukasi dan literasi yaitu mendongeng. Hasilnya siswa-siswa SDN 200409 mendapatkan edukasi tentang apa itu bullying, jenisnya, cara mengenali dan tips untuk mencegahnya. Siswa-siswa juga merasa gembira mendengarkan dongeng dan bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rahmansyah, Habib, Gabby Maureen Pricilia, Angelina Monthesari Manullang, dan Pinmade Vionita Tampubolon. “GERAKAN EDULITE (EDUKASI DAN LITERASI) ANTI BULLYING BAGI SISWA/I SDN 200409 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 195–199. Diakses Juni 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1789.
Bagian
adam

Referensi

Aswat, H. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105–9117.

Fitri Saiful Rahman, A., Sriwahyuni, W., Rahman Hakim, A., Azhar, F., Octavia Cahyani, M., Prayogi Elyunandri, H., Prayitno, T., Latif, A., Balikpapan, U., Pupuk Raya, J., & Selatan, B. (2020). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara.

Paramitha Darmayanti, D., Sopia Rukmana, N., Manda, D., Nur Pratiwi Johansyah, O., Nur Aina, A., Sukawati, H., Antropologi, P., & Pettarani, J. A. (2022). Sosialisasi Stop Bullying di Sekolah Dasar Negeri 1 Pajjaiang History Artikel. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(2). https://ojs.unm.ac.id/Humanis

Sejiwa, Y. S. (2008). Mengatasi Kekerasan Dari Sekolah dan Lingkungan Anak . Jakarta: Grasindo.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama