PERANAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA DI SMP NEGERI I ANGKOLA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1676Kata Kunci:
Peranan Guru, Karakter Kejujuran.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Guru dalam menumbuhkan pendidikan karakter kejujuran Siswa di SMP Negeri I Angkola Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Rancangan penelitian menggunakan motode penelitian Kualitatif yaitu wawancara. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri I Angkola Barat yang berjumlah siswa sebanyak 3 orang, Guru 5 orang, dan Kepala Sekolah. Setelah melaksanakan penelitian, Adapun yang menjadi kesimpulan sehubungan dengan temuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Peranan Guru dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Kejujuran Siswa antara lain guru berperan sebagai model atau keteladanan, komunikasi, pembimbing, dan sebagai pemberi nasehat serta pendorong kreativitas siswa. 2) Karakter yang membentuk dalam Pendidikan Kejujuran. 3) Hambatan-hambatan dalam Menumbuhkan Karakter Kejujuran Siswa dalam Pendidikan antara lain karena keterbatasan alokasi waktu dalam memberi bimbingan dan pembinaan, kurangnya Kejujuran Siswa, Pergaulan di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, kurangnya kerjasama orang tua dengan pihak sekolah. Cara mengatasi hambatan tersebut antara lain: a) Di harapkan pihak sekolah supaya secepatnya menyediakan guru konseling agar sepenuhnya bisa memberikan arahan dan bimbingan serta nasehat dan motivasi yang membangkitkan semangat belajar siswa. b) Memberikan perhatian khusus kepada siswa dan melakukan penanaman nilai-nilai kejujuran. c. Mengarahkan siswa agar bernilai kejujuran yang baik.
Referensi
Muhammad Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group
Nurul Zuriah. 2007.Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Malang: Pt Bumi Aksara
Nurul Zuriah. 2007.Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Malang: Pt Bumi Aksara
Sumedi. 2012. Tahap-tahap pendidikan karakter dalam pemikiran ki ageng suryomentaram dan relevansinya dengan pendidikan akhlak islam. Jurnal pendidikan islam. 1 (2), 188-189
Syaiful Bahri Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Pt Renekaa CiptaTrianto.
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidika. Jakarta: Pt Kencana Prenada Media Group
Wina Sanjaya. 2015. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenadamedia Group
Yanuar Ikbar. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: Pt Repika Aditama
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter . Jakatra: Kencana
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kasmudin Harahap, Seri Surianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.