PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS X MAN 2 PADANG LAWAS

Penulis

  • Sahrudin Pohan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Seri Surianti Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v2i02.1665

Kata Kunci:

penanaman nilai-nilai Pancasila, pembelajaran Pkn.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn di Kelas X  MAN 2 Padang Lawas.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpul data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dipaparkan secara narasi, dengan menggunakan teknik deskriptif. Temuan penelitian menggambarkan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn  dilakukan melalui penjelasan materi secara lisan dan memberikan contoh-contoh perilaku sesuai cerminan nilai-nilai Pancasila dengan melalui tindakan atau perbuatan. Kendala penanaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn meliputi minat atau semangat belajarnya masih relatif kurang. Ini ditandai dengan keseriusan peserta didik pada saat belajar yang belum maksimal. Selanjutnya upaya yang sudah dilakukan, guru memotivasi peserta didik, memperhatikan kesiapan belajar peserta didik sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu guru memberi penugasan-penugasan terkait dengan materi-materi tentang nilai-nilai pancasila kemudian di simulasikan di depan kelas.

Referensi

Bakry, Noor. Ms. 2010, Pendidikan Pancasila, Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Basrowi.2005. Pengantar Sosiologi, Ghalia Indonesia: Bogor.

Bungin, Burhan HM, 2011, Penelitian Kualitatif, Prenada Media Grup: Jakarta

Daryono, M. 2008, Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Rineka

Cipta: Jakarta.

Hamdayama, Jumanta, 2017, Metodologi Pengajaran, PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Kaelan, H. 2008. Pendidikan Pancasila, Paradigma: Yogyakarta.

Lexy, Moleong,2010, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya:Bandung.

Margono, S. 2007, Pendidikan Metode Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, 2010, Model-Model Pembelajaran, PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sunoto. 2001. Mengenal Filsafat Pancasila, Hamindita Graha Widia:

Yogyakarta.

Winarno, 2009.Paradigma Baru, Pendidikan Kewargnegaraan Panduan Kuliah

Diperguruan Tinggi, Bumi Aksara: Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Pohan, S. ., & Surianti, S. . (2023). PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS X MAN 2 PADANG LAWAS. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 2(02), 116–125. https://doi.org/10.37081/kwn.v2i02.1665

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>