ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v2i02.1661Kata Kunci:
Analisis, Faktor penyebab, kenakalan, siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kenakalan siswa di kelas VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN, untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab kenakalan siswa di kelas VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN, untuk mengetahui bagaimana upaya-upaya yag dilakukan untuk menanggulangii kenakalan siswa di kelas VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah analisis faktor-faktor penyebab kenakalan siswa di kelas VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, guru piket, guru PKn, wali kelas, guru BP, siswa, petugas kantin, penjaga sekolah, masyarakat, komite sekolah. Data dan sumber data dapat dikumpulkan dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengunpulan data yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik keasbsahan data triangulasi. Teknik analisis data yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitiam dan pembahasan pada skripsi yang berjudul “Analisis Faktor-faktor Kenakalan Siswa di Kelas VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN” sangat banyak faktor penyebabnya tetapi yang sangat berpengaruh yaitu faktpr dalam diri siswa dan faktor keluarga.
Referensi
Agustian, Hendrianto, 2006. Psikologi perkembangan, Bandung : Refka Aditama
Ali, Muhammad, dkk, 2009. Psikologi Remaja. Jakarta : PT Bumi Akasara.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Asrori, H.M, 2015. Perermbangan peserta didik. Yogyakarta : Media Akademi.
Basri, Hasan. 2016. Remaja Berkualitas Problematik Remaja dan Solusinya.
Bungin, Burhan, 2007. Penelitian kualitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Dadan, Sumara, Dkk, 2017. Kenakalan Remaja Dan Penanggulangannya, Jurnal Penelitian Dan PPM, Volume 4, Nomor 2.
Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gunarso, singgih D, 2009. Psikologi reamaja, Jakarta : PT BPK Mulia.
Indrianto, Nur dan Supomo, Bambang. 2013.Metodologi Penelitian Bisnis.Yogyakarta : BPFE.
Kartono, Kartini, 2008. Kenakalan Remaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kartono, Kartini, 2010. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja, Jakarta : Cv. PT Raja Grafindo.
Limbong, Mesta, 2010. Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : UKI Pers.
Ma,mur, Asamani. 2012. Kiat mengatasi kenakalan remaja di sekolah, Jogjakarta : Buku Biru.
Meloeng, Lexy J, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Roskakarya.
Mugiarso, Heru Dkk, 2007. Bimbingan Dan Konseling Semarang. Universitas Semarang Vers.
Mumtahanah, Nurotun, 2015. Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja Secara Preventif, Refresi, Kuratif, Dan Rehabilitasi, Jurnal Studi Keislaman. (Online), Volume 5, Nomor 2.
Muslihah, Nenda. 2016. Peran sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa. Skirpsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nizar, Ahmad, Rangkuti , 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandun : Citapustaka Media.
Sarlito, Sarwono, Wirawan, 2012. Psikologi Remaja, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Satori, Djam’an, 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.
Soeparwoto, Dkk, 2007. Psikologi Perkembangan, Semarang : UPT UNNES Persa.
Sudarsono, 2008. Kenakalan Remaja, Jakarta : Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana, Syaodih, 2012. Metode Penelitian Pendidikann, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Supriadi, Acep, Dkk. 2014. Efektifitas pemberian sanksi bagi siswa pelanggaran tata tertib di SMP 2 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Jurnal pendidikan kewarganegaraan. (online) Vol 4,nomoe 8
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riswandi Harahap; Seri Surianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.