IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v2i02.1663Kata Kunci:
implementasi nilai-nilai demokrasi, pembelajaran PKnAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn di MTs Swasta Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan civitas MTs Swasta Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi 1) penerapan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn tidak sesuai harapan, 2) faktor pendukung penerapan nilai-nilai demokrasi adalah sarana dan prasarana, keteladanan guru, dan pemberian motivasi serta penanaman akhlak mulia. , 3) faktor penghambat yaitu perbedaan individu, pengaruh lingkungan sekitar, dan lingkungan keluarga, dan 4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat adalah guru memberikan pengertian, menanamkan kebiasaan moral yang baik secara berulang-ulang, memberikan sanksi yang tegas, komunikasi yang efektif, dan melibatkan orang tua.
Referensi
Anas Nurcahya.2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Depertemen Pendidikan Balai Pustaka.
Budiyono kabul .2012. Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta :Alfabeta.
Bungin,Burhan,2007.Penelitiankualitatif.Jakarta:KencanaPrenadaMediaGroup.
Burhanuddin Salam . 2010. Etika individual pola dasar filsafat moral . Jakarta : PT RinekaCipta .
Daryono ,dkk .2008.Pengantar Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hamalik Umar . 2005 . Proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara .
Hendra . 2005 . Filsafat Demokrasi . Jakarta : PT Bumi Aksara.
JunaidiMuhammad .2013. PendidikanKewarganegaraan.Yogyakarta:Graha Ilmu.
Kosasi Jahiri . 2006 . Pengantar pendidikan kewarganegaraan . Jakarta : PT Rineka Cipta.
Meloeng LexyJ .2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Roskakarya.
Nurul Hidayati .2021. Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn . Jurnal Pendidikan Dewantara . Volume 7 . No 1.
Ramadani. 2022. Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pkn di kelas VII SMP Negeri 4 kota Ternate. Jurnal Jambura Civic Education. Volume 2. No 1.
Sanjaya Wina .2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta : kencana .
Syaipul Arif.2012.Demokrasi.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syarbaini Syahrial.2010. Implementasi Pancasila melalui pendidikankewarganegaraan . Yogyakarta : Graha Ilmu .
Sugiyono.2016.MetodePenelitianKombinasi.Bandung:Alfabeta.
Sugiyono.2019.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tim Nasional Dosen Kewarganegaraan.2013.Pendidikan Kewarganegaraan Paradikma Terbaru Untuk Mahasiswa.Bandung: Alfabeta.
Ubaidillah.A , Rojak Abdul .2010. Pendidikan Kewargaan Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani . Jakarta : kencana .
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, Bandung: Citra Umbara.
Wibowo . 2012. Manajemen kinerja . Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Rohman, Arif. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Media utama.
https//achmadsuhaidi.wordpress.com/2014/02/26/Pengertian-Sumber-Data-Jenis-Jenis-Data-Dan-Metode-Pengumpulan-Data/ (Online) Diakses Pada Tanggal 12 Desember 2022 Pada Jam 22.00 Wib.
https//www.merdeka.com/2021/10/14/Tujuan Pkn Menurut Para Ahli/ (Online) Diakses Pada Tanggal 30 Maret 2023 Pada Jam 6.30 Wib.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riswandi Harahap; Seri Surianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.