vPENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA HARAPAN POKENJIOR MELALUI PEMBELAJARAN PKN

Penulis

  • Riswandi Harahap
  • kasmudin harahap Institut Pendidikan Tapanulis Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v3i01.1817

Kata Kunci:

pendidikan karakter, pembelajaran PKn, upaya guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter bagi siswa kelas X SMK Swasta Harapan Pokenjior. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2023. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan Guru PKn dan Guru Bimbingan Konseling. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Gambaran pendidikan karakter siswa kelas X semester genap tahun ajaran 2022/2023 dapat dikatakan baik, meskipun mengalami kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran PKn yang disebabkan kurangnya perhatian dan minat belajar. Namun, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa siswa kelas X telah berhasil mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dengan baik. Nilai-nilai tersebut meliputi aspek religi, kejujuran, kreativitas, kedisiplinan, dan kerja keras. Sedangkan upaya yang dilakukan guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter melalui sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai karakter, guru memberikan contoh yang inspiratif bagi siswa, guru menggunakan metode pembelajaran aktif dan kolaboratif, guru melibatkan siswa secara langsung dalam mempraktekkan nilai-nilai karakter, dan guru juga memberikan nasehat, pencerahan, dan pembinaan berkelanjutan terhadap perilaku siswa yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter.

Referensi

Ahmad, M. J., Adrian, H. & Arif, M. 2021. Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendais. 3 (1): 10.

Alvira, S., Furnamasari, Y. F. & Dewi. D. 2021. Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi Muda Sebagai Agent of Change. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5 (3): 202.

Djiwandono. P. I. 2015. Meneliti itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Deepublish.

Ningsih, Tutuk. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: Stain Press.

Noeloko, Arnos & Amalia, Grace. 2017. Landasan Pendidikan Dasar dan Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: KencanaSilitonga, Anita Shintauli, dkk. 2014. Pengelolaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan. 9 (1): 29.

Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caramedia Communication.

Sahroni, Dapip. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosding Seminar Bimbingan dan Konseling. 1 (1): 115.

Santosa, H. & Suwanda, D. 2014. Kebijakan Akuntansi Berbasis Akrual Berpedoman Pada SAP.

Silitonga, Anita Shintauli, dkk. 2014. Pengelolaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan. 9 (1): 29.

Sugiyono 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, D., Iskandar, I., & Hakim, L. 2017. Dampak lingkungan terhadap minat mahasiswa pariwisata berwirausaha. Jurnal Pariwisata. 4 (1): 40-52.

Wahab, Abdul Aziz. 2012. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Kencana Pramedia Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-04

Cara Mengutip

Harahap, R., & harahap, kasmudin. (2024). vPENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA HARAPAN POKENJIOR MELALUI PEMBELAJARAN PKN. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 3(01), 147–158. https://doi.org/10.37081/kwn.v3i01.1817

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>