STRATEGI GURU PKN DALAM MENANAMKAN BUDAYA DISIPLIN KELAS XI SMA NEGERI 1 SIABU
Kata Kunci:
strategi, guru PKn, budaya disiplinAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran strategi guru PKn dalam menanamkan budaya disiplin kelas, apa saja hambatan yang dihadapi oleh guru PKn dalam menanamkan budaya disiplin kelas, dan apa saja upaya yang dilakukan guru PKn untuk mengatasi hambatan yang dihadapi oleh guru PKn dalam menanamkan budaya disiplin kelas XI SMA Negeri 1 Siabu. Adapun jenis metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan sebagai informan adalah guru PKn, siswa kelas XI IPA 3, kepala sekolah, wali kelas, dan juga guru BK (Bimbingan Konseling). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis deskriptif yakni strategi guru PKn dalam menanamkan budaya disiplin adalah guru menjadi contoh bagi siswa, guru sebagai pembimbing bagi siswa dan guru sebagai pemberi motivasi bagi siswa. Adapun hambatan yang dihadapi oleh guru PKn dalam menanamkan budaya disiplin adalah kurang adanya keinginan dalam diri siswa untuk berprilaku disiplin, ada rasa malas dalam diri siswa, faktor lingkungan dan keluarga yang kurang mendukung siswa dan siswa susah diatur dan dibimbing. Upaya yang dilakukan oleh guru PKn dalam menanamkan budaya disiplin adalah dimulai dari pendekatan kepada siswa, dengan cara memberikan bimbingan, motivasi serta ceramah tentang nilai-nilai disiplin kepada siswa.
Referensi
Gerlach dan Ely. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kozma. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Soemantri. 2010. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Pustaka Setia.
Yaumi, M. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; kasmudin harahap, seri surianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.