MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DIKELAS IV SD NEGERI 101505 PANGARIBUAN

Isi Artikel Utama

Meita Dwirani
Muhammad Syahril Harahap
Nurbaiti Nurbaiti
Ilham Sahdi Lubis

Abstrak

This study aims to find solutions to improve student activity in learning. students in class IV SDN 101505 Pangaribuan, Angkola Muaratais District, South Tapanuli Regency. The lack of student activity in learning is due to the inability of the teacher to create an interesting and fun learning atmosphere. Also, the teacher still uses the lecture and note-taking method, causing low student learning activity. This can be seen from the percentage of students who are active in learning which is still around 40% and those who are not actively learning reaches 60%. To overcome this problem the researchers suggest a cooperative learning model of the time token type. This study used the type of PTK research with 30 students. Classroom Action Research aims to determine the increase in student learning activeness in learning thematic material about the life cycle at SDN 101505 Pangaribuan. The percentage of research results from cycle I can be seen in the student learning activity questionnaire which is around 85.45% and teacher activity by 90%. then in cycle II it obtained a percentage of 94.54% and a percentage of teacher activity of 96%. this shows that the cooperative learning model of the time token type can increase the activeness of student learning in the thematic learning of life cycle material. Keywords: Cooperative Time Token Type, Learning Activeness, Creature Cycle Life  


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi perbaikan keaktifan siswa dalam belajar. siswa di kelas IV SDN 101505 Pangaribuan Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Kurangnya keaktifan siswa dalam belajar  disebabkan kurang mampunya guru dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Serta, guru masih menggunakan metode ceramah dan mencatat sehingga menyebabkan keaktifan belajar siswa rendah. Hal ini dapat dilihat dari persentasi siswa yang aktif dalam belajar masih sekitar 40% dan  yang tidak aktif belajar mencapai 60%.Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menyarankan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe time token. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pembelajaran tematik materi siklus makhluk hidup di SDN 101505 Pangaribuan. Persentase hasil penelitian dari siklus I dapat dilihat pada angket aktifitas belajar siswa yaitu sekitar 85,45% dan aktifitas guru sebesar 90% . kemudian pada siklus II  memperoleh persentse sebesar 94,54% dan persentase aktifitas guru sebesar 96%. hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik materik siklus makhluk hidup.


Kata Kunci: Koopertif Tipe Time Token, Keaktifan Belajar, Siklus Makhluk Hidup                                                                                                                    

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dwirani, Meita, Muhammad Syahril Harahap, Nurbaiti Nurbaiti, dan Ilham Sahdi Lubis. “MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DIKELAS IV SD NEGERI 101505 PANGARIBUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 400–408. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1421.
Bagian
Artikel

Referensi

Amien. 2004. Dalam Jurnal Son Santriana. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar SMP. Scholaria: (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan). Vol. 9 No. 3, September 2019:284-291

Arends (2008). Dalam Jurnal, Rahmawati, dkk. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. (Jurnal pendidikan Ips). Vol. 01, No. 02 Agustus 2021.

Ibrahim 2011:23. Dalam Jurnal Fiqra. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Prastowo 2013:126. Dalam Jurnal Muklis. 2012. Pembelajaran Tematik. FENOMENA Vol. IV No. 1, 2012.

Silberman (2007:1). Dalam Jurnal Suarni. 20017. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dsar Organisasi Pelajaran Pkn Melalui Pendekatan Pembelajaran PAKEM Untuk Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor. (Journal Of Physics and Science Learning (PASCAL)) Vol. 01 Nomor 2, Desember 2017, ISSN: 2614-0950

Sudjana. (2010). Dalam Jurnal. Karimah, dkk. 2022. Identifikasi Tingkat Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi. (Jurnal Pendidikan Tambusai). Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022, Halaman 12972-12977.

Sardiman (2014:98). Dalam Jurnal, Gayatri, dkk. Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Praktik Pembelajaran Mesin Bisnis.

Shoimin 2011:13. Dalam Jurnal Sari, Usmadi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Disertai Pemberian Kuis Dalam Pembelajaran Matematika. (Jurnal Pendidikan Dasar Islam). Vol. 4 No. 2, Desember 2017, pp. 29-38.

Trianto. 2010:78. Dalam Jurnal Wahyuni Tri, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. (Jurnal pendidikan IPS). Edcomtech Volume 1, Nomor 2, Oktober 2016.

Amien.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5