PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI NO. 101520 LANTOSAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V SD Negeri No. 101520 Lantosan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda, Peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, Pada penelitian ini instrumen yang digunakan peneliti diantaranya, soal tes, lembar observasi guru dan siswa, serata pengambilan dokumentasi pada saat pembelajaran berlangsung. Teknik Analisi data dilakukan secara spontan dan terencana. Analisis data secara spontan ini dilakukan segera setelah penerapan tindakan dilakukan. Hasil penelitian. Pada kondisi awal dengan tingkat ketuntasan mencapai 32%. Siklus I, kemampuan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 44%. Siklus II, kemampuan belajar siswa mencapai 80%. Jadi siklus I dan II mengalami peningkatan yaitu siklus I terdapat 11 siswa atau 44% yang tuntas sedangkan 14 siswa atau 50% belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 20 siswa atau 80% yang tuntas sedangkan 5 siswa atau 20% belum tuntas. Dari keseluruhan tindakan pada penelitian tindakan kelas dapat di katakan berhasil karena hasil belajar siswa dari siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan yang sudah mencapai indikator keberhasil yang ditetapkan, sehingga dapat, membawa kearah peningkatan kemampuan memahami materi perubahan wujud benda pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri 101520 Lantosan tahun ajaran 2022/2023.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ginting Seri.dkk. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Manfaat Air Bagi Manusia, Hewan Dan Tumbuhan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri No.153064 Lopian 1 Kabupaten Tapanuli Tengah: Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 4; 394-399
Karso. Dkk. 2014. Pendidikan Matematika. Unuversitas Terbuka
Lollo Rosa Lubis, “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Dalam Pembelajaran Reading Comprehension”:, Jurnal Education and Development, Vol. 5, No. 1, 35-41, Jul. 2018.
Mahanani, Ayu. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Matematika Materi Pecahan Sederhana di Kelas III SD Negeri 2 Wates. Skiripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Mulyono. 2022. Strategi Pembelajaran. UIN-MALIKI PRESS. Gajayana
Purwanto. 2019. Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai referensi bagi guru/pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektik berkualitas. Jakarta: karisma putra utama. kencana.
Sanjaya, W. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana prenada Media Group.
Sanjaya. 2012. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SD; Junal Mitra Penelitian. Vol .1 No. 4 Tahun 2017; 371-379.
Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Zulfadli, 2022. Selayang Pandang Ilmu