ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 200307 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Dameria Harahap
Sartika Rati Asmara Nasution
Royhanun Siregar

Abstrak

This study aims to determine the impact analysis during online learning on the learning motivation of class III students at SD Negeri 200307 Padangsidimpuan. The research method used in this study is a descriptive qualitative research method using data collection techniques, namely observation and interview techniques. The writer used an interview technique by collecting information from Class III teachers as key informants and 5 students as the main informants from the class they were in charge of. Based on interviews with the Class III teacher and the 5 students, it was found that these students experienced a decrease in their learning motivation during online learning because students received a lot of comprehensive and direct assistance from their parents, relatives or neighbors, so that students experienced a decrease in learning motivation. During face-to-face learning students have good learning motivation, but have not developed optimally. Teachers also try to use a variety of learning methods to increase student motivation. As time went on, in the even semester of Academic Year 2022-2023, the learning motivation of students in class III SD Negeri 200307 Padangsidimpuan had started to improve.


Keywords: Impact of Online Learning, Primary School, Learning Motivation


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dampak selama pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri 200307 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif diskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan wawancara. Penulis menggunakan teknik wawancara dengan mengumpulkan informasi dari Guru Kelas III sebagai informan kunci dan 5 siswa sebagai informan utama dari kelas yang diampunya. Berdasarkan dari wawancara bersama Guru Kelas III dan 5 siswa tersebut, ditemukan bahwa siswa-siswa tersebut mengalami penurunan motivasi belajarnya selama pembelajaran daring diakibatkan siswa banyak mendapat bantuan menyeluruh dan langsung dari orang tua, saudara atau tetangga berikan, sehingga siswa mengalami penurunan motivasi belajar. Pada saat pembelajaran tatap muka siswa memiliki motivasi belajar yang baik, namun belum berkembang secara optimal. Guru juga berupaya dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Seiring berjalannya waktu pada semester genap T.A 2022-2023 motivasi belajar siswa dikelas III SD Negeri 200307 Padangsidimpuan sudah mulai membaik.


 


 


Kata kunci : Dampak Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar, Motivasi Belajar


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harahap, Dameria, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Royhanun Siregar. “ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 200307 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 4 (November 30, 2023): 735–747. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1612.
Bagian
Artikel

Referensi

Aji, Wahyu, 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 2, No 1, diakses 01 Desember 2022.

Dalyono, 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rinneka Cipta.

Djamarah, Syaiful, Bahri, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rinneka Cipta.

Fitri, Mardi, 2020. Pengaruh emergency remote learning untuk melihat motivasi belajar anak usia dini. Child education journal. Vol 2, diakses 01 Desember 2022.

Muchtar.2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Gp Press

Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suhery, 2020. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air Padang Selatan, Jurnal Pendidikan. Vol 1. No 3, diakses 01 Desember 2022.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

----------, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B Edisi revisi, Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah, B, 2011. Teori motivasi dan pengukurannya. Analisis dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyuningsih Dian, Rahmat Makmur, 2017.E-learning Teori dan aplikasi (proses pembelajaran berbasis aplikasi web dan cloud computing dalam dunia teknologi informasi), Bandung: Informatika Bandung.

Yohana, 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin, Jurnal Tirai Edukasi, Vol. 1, No. 40, diakses 01 Desember 2022.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>