PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LAERNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 164 PASAR MAGA

Isi Artikel Utama

Annisa Nasution
Royhanun Siregar
Sabri Sabri

Abstrak

Abstrak


Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, minat siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V 164 Pasar Maga.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dua siklus.Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 164 Pasar Maga.Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 17 dengan rerata skor 2,42 termasuk dalam kriteria baik. Keterampilan guru pada siklus II memperoleh skor dengan rerata skor 3,14 termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil angket siswa meningkat terlihat pada siklus I memperoleh persentase sebesar 86,36 % termasuk dalam kriteria baik pada siklus II memperoleh persentase 94,67% dalam kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan pada siklus I ketuntasan klasikal 66% dengan nilai rata-rata 70,40. Siklus II hasil belajar siswa memperoleh ketuntasan klasikal 44,44% dengan nilai rata-rata 62,22 dan meningkat pada siklus II menunjukkan ketuntasan klasikal telah mencapai target 70% yaitu 77,78% dengan nilai rata-rata 75. Simpulan penelitian ini adalah model problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama di Kelas V SD Negeri 164 Pasar Maga.


 


Kata kunci.Model PBL. Keterampilan Guru, Minat dan Hasil Belajar Siswa


 


Abstract


The purpose of this research is to improve teacher skills, student interest and student learning outcomes in Civics learning in class V 164 Pasar Maga. This type of research is classroom action research, consisting of two cycles. Each cycle consists of one meeting consisting of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects were teachers and students of class V at SDN 164 Pasar Maga. Data collection techniques using tests, observations, field notes, and documentation. The results showed that the teacher's skills in the first cycle obtained a score of 17 with an average score of 2.42 including good criteria. The teacher's skills in the second cycle obtained a score with an average score of 3.14 which was included in the very good criteria. The results of the student questionnaire increased seen in the first cycle obtaining a percentage of 86.36% included in good criteria in the second cycle obtaining a percentage of 94.67% in very good criteria. The percentage of completeness in the first cycle of classical completeness is 66% with an average value of 70.40. Cycle II student learning outcomes obtained classical completeness 44,44% with an average value of 62.22 and increased in cycle II showed classical mastery had reached the target of 70%, namely 77.78% with an average value of 75. The conclusion of this study is the model Problem Based Learning can improve teacher skills and student learning outcomes in Civics learning material respecting joint decisions in Class V SD Negeri 164 Pasar Maga.


 


Keywords. PBL models. Teacher Skills, Interests and Student Learning Outcomes


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Annisa, Royhanun Siregar, dan Sabri Sabri. “PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LAERNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 164 PASAR MAGA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 15, 2022): 118–127. Diakses April 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/292.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>