KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET DAN KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJARA IPA SISWA KELAS VI MATERI GAYA DAN BENDA DI SDN 153075 PINANGSORI 4
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui internet dengan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 153075 Pinangsori 4. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jenis Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 153075 Pinangsori 4 yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Total sampel adalah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam pengambilan data adalah dokumentasi, dan Angket. Teknik analisis data merupakan cara menganalisis data penelitian. Kegiatan analisi data merupakan bagian dari beberapa tahap yang harus dilakukan dalam suatu penelitian. Ada 2 (dua) macam statistik yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data penelitian kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, Berdasarkan perhitungan kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui internet di SDN 153075 Pinangsori 4 dengan menggunakan angket, diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,76 berada pada kategori “Sangat Tinggi”. Gambaran hasil belajar IPA siswa kelas VI materi gaya dan benda di SDN 153075 Pinangsori 4 diteroleh nilai rata-rata 58,96 berada pada kategori “kurang”. Melalui perhitungan hipotesis yang ditetapkan diperoleh rhitung sebesar 0,407 apabila dibandingkan dengan rtabel pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 0.005% dengan dk = (N – 2) = 33 – 2 = 31, Maka rtabel = 0,344 (0,407 > 0,344). Dan nilai ttabel = 2.040 maka thitung lebih besar dari ttabel (2.488 > 2.040). Berarti hipotesis diterima atau disetujui. Artinya, terdapat hubungan yang kuat antara kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui internet dengan hasil belajar IPA siswa kelas VI materi gaya dan benda di SDN 153075 Pinangsori 4.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Muakhirin, B. 2014. Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran inkuiri pada siswa SD. Jurnal ilmiah guru “COPE”, No.01/tahun XVIII/Mei 2014
Farida,NK. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika
Ariyanto, M. 2016. Meningkatkan hasil belajar IPA materi kenampakan rupa bumi menggunakan model scramble. Jurnal profesi pendidikan dasar. Volume 3 nomor 2 desember 2016 :134:140
Sukamta,dkk. 2018. Pedoman penyelenggaraan pendidikan jarak jauh. Yogyakarta: SPADA UMY
Abidin, Z., Hudayah, A., & Anjani, D. 2020. Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemic covid-19. Journal of education, 131-146
Susanto, A.2013. teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Rahmawati, Septiana Dwi. 2009. Kendala pembelajaran jarak jauh melalui internet pada mahasiswa pjj s1 pgsd. Semarang : fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang.
Ambarwati Mahendra. 2020. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh masa pandemic covis-19 studi khusus di RA Nurul Huda 01 Sumberejo. Salahtiga : Fakultas Terbiyah dan Ilmu Keguruan IAINS.
Margono. 2013. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta : Rinkeka Cipta.
Rukaesi. 2016. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Panorama, M., Muhajirin. 2017. Pendekatan praktis metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: IDEA PRESS
Akila. 2017. Pengaruh Insentif Dan Pengawasan Terhadap Produktivitas Kerja karyawan. Jurnal ecoment global.Volum 2 Nomor 2 agustus.
Ratna, W, Safitri. 2012. Analisis korelasi pearson dalam menentukan hubungan antara kejadian demam berdarah dengue dengan kepadatan penduduk.
Irwansyah. 2018. Penyelenggaraan sistem pendidikan tinggi jarak jauh diperguruan tinggi swasta. Jurnal analisis sistem pendidikan tinggi. Vol.2. No.1
Sri,E, Ramdan,dkk. 2015. Upaya meningkatkan hasil beajar fisika melalui model pembelajaran berbasis pada peserta didik kelas VII/I SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal pendidikan fisika Universitas Muhammadiyah Makasar.Volume 3. Nomor 2.
Sahid, A. 2020. Korelasi nilai dan moral agama peserta didik dengan hubungan sosial teman sebaya. Jurmal pendidikan sejarah dan riset sosial humaniora. Volume 3, nomor 1 juni.