PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 100311 PALSABOLAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkanpenguatan profil pancasila dalam dimensi keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia, dimensi berkebhinekaan global, dimensi gotong royong, dimensi kemandiriandan dimensi kreatif di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 100311 Palsabolas pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan penerapan penguatan profil pancasila dalam Kurikulum Merdeka telah dilaksanakan di SDN 100311 Palsabolas. Hasil penelitian yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta berdasarkan pembahasan mengenai penerapan penguatan profil pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SDN 100311 Palsabolas sebagai sekolah penggerak, menunjukkan bahwa warga sekolah telah melaksanakan tugas sesuai peran masing-masing. Dalam penerapannya, profil Pelajar Pancasila telah diterapkan dengan baik, baik melalui budaya yang ada di sekolah, pembelajaran intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, penguatan profil pancasila, maupun melalui keteladanan. Meskipun demikian, pelaksanaan penguatan profil pancasila di SDN 100311 Palsabolas masih dalam tahap perkembangan.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.https://www.researchgate.net/publication/359088580_Paradigma_Baru_dalam_Kurikulum_Prototipe
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84.https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.https://stai-binamadani.ejournal.id/jurdir/article/view/402
Leuwol, N., & Gaspersz, S. (2020). Perubahan Karakter Belajar Mahasiswa di Tengah Pandemik Covid-19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKNdan Sosial Budaya, 4(1 Extra), 32–44.https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.355
Kemdikbud.(2022). KurikulumMerdekaSebagaiUpaya Pemulihan Pembelajaran. Diambildarikemdikbud.go.id. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai upaya-pemulihan-pembelajaran
Ningtyas, R. K. (2021). Konsepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Profil Pelajar Pancasila (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Nur‘Inayah, N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13.https://jurnal.gerakanedukasi.com/index.php/gerasi/article/view/7/1
Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru melalui Lesson Study di SMPN 1 Lengkong. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4),224–230.https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/183
Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 266–280.https://dx.doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3560
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2 ed.). Bandung: Alfabeta.
Sucahyo, E., & Ningtyas, R. K. (2023). IMPLEMENTASI ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 374_379.https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1607
Winata, K. A., Sudrajat, T., Yuniarsih, Y., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Peran Dosen dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Mendukung Program Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan, 8(2), 98–110.https://dx.doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.449