PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF DAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SD NEGERI 19 PALEMBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Media kartu huruf termasuk media visual yang sering digunakan oleh guru baik ditaman kanak-kanak maupun disekolah dasar kelas satu untuk mengenalkan huruf dan mengajarkan membaca permulaan pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media kartu huruf dan kartu kata bergambar didalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) mengacu pada model ADDIE. Berdasarkan uji ahli dari validator yang mencakup tiga aspek yaitu media, bahasa, dan materi hasil penelitian ini memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,28% dengan kategori “sangat valid” kemudian di dukung dengan hasil uji coba siswa secara langsung (one to one) dan memperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori “sangat praktis”. Kemudian, uji coba terakhir adalah uji coba pada kelompok kecil (small group) dengan perolehan rata-rata sebesar 90% dikategorikan “sangat praktis”dan penilaian respon pendidik memperoleh presentase sebesar 100% dikategorikan “sangat praktis. Sehingga pengembangan media kartu huruf dan kartu kata bergambar layak digunakan dalam pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model DirectIinstruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. jurnal pendidikan anak, 8,(1).
Ason, & Dasmawarti. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 08 Muara Pawan Kabupaten Ketapang. Pendidikan Dasar, 9 (2), 3171.
Dewi, R., Puspitasari, E., & Kurnia, R. (2021). Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun . Jurnal Pendidikan Tambusai .
Dony, P. M., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6,(5).
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2,(1).
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: KENCANA.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Snabil.
Nafi'ah, S. A. (2018). ModelL-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Di Taman Kanak-kanak AL-Kautsar Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung, 7.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Developmen/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Suyatno, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kartu Huruf. Early Childhood Education, 1(1), 34.
Syarifuddin, & Eka, D. U. (2022). Media Pmbelajaran (Dari Masa Knvensional Hingga Masa Digital). Palembang: Bening Media Publishing.
Tiningsih, E., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education and Development, vol.8, 403.
Triana, J., Sismulyasih, N., & Ayuningsih, M. T. (2023). Inovasi Media Raih Mengajar. Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.
Ulfa, M. (2023). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca. UniversaL Grace, 1,(1), 105.
Utami, N. A., & Wangid, M. N. (2019). Investigasi Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Dikecamatan Sekarbela. Lentera Pendidikan, 22 (1), 157-156, 163.
Warmansyah, J., Utami, T., Faridy, F., Syarfina, Marini, T., & Ashari, N. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta timur: BUMI AKSARA.
sYasbiati, Pranata, O. H., & Fauziyah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini Pada Kelompok B DI TK PGRI Cibeureum. Jurnal PAUD Agapedia, 1,(1), 24.