ANALISIS KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MEDIA FILM CERITA RAKYAT BATU BALAI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 227 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Sinta Aprillia
Achmad Wahidy
El Chintami Lanos

Abstrak

Keterampilan menyimak adalah dasar dalam memahami keterampilan berbahasa selain, berbicara, membaca dan menulis, sehingga sangat penting untuk memanfaatkan pembelajaran menyimak di Sekolah Dasar secara maksimal. Namun, banyak siswa yang kesulitan menyimak, terutama menyimak cerita yang panjang metode yang digunakan yaitu metode ceramah atau langsung. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan menyimak siswa kelas IV setelah menggunakan media flim cerita rakyat Batu Balai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Negeri 227 Palembang setelah menggunakan media film cerita rakyat Batu Balai. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dari Miles and Huberman. Berdasarkan Hasil penelitian terdapat 14 siswa dikategori sangat baik, 8 siswa kategori baik, dan 5 siswa dikategori cukup dalam keterampilan menyimak. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan menyimak, namun ada beberapa yang masih memerlukan perhatian lebih. Oleh karena itu, penggunaan media film dalam pembelajaran menyimak dapat dikombinasikan dengan strategi interaktif seperti diskusi atau tanya jawab untuk mengoptimalkan pemahaman siswa secara keseluruhan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aprillia, Sinta, Achmad Wahidy, dan El Chintami Lanos. “ANALISIS KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MEDIA FILM CERITA RAKYAT BATU BALAI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 227 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3486–3496. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3127.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Anggraini, V. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170

Apriliany, L., & Hermiati. (2021). Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascsarjana Universitas PGRI Palembang 15-16, 191–199.

https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605/4861

Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021,Vol.3,266–270. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/artic

le/view/605

Asip, M., Lestari, T. A., Maisura, Juliati, Apreasta, L., Setyaningsih, D., K, E. R., Devianty, R., Juliana, Mutia, I., & Sitanggang, R. P. (2022). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD. Media Sains Indonesia.

Budhiharti, T. W., & Hariyanto, F. (2022). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. Jurnal Politikom Indonesiana: Kajian Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi, 7.

https://journal.unsika.ac.id/index.php/politiko mindonesiana/article/view/8206

Dydyk, M. N. (2024). Exploring the Conflict between the Desire to Tell a Story and Ethical

Representation. Open Access Library Journal, 11, 1–16. https://doi.org/10.4236/oalib.1112391 Faizah, S. N., Sukarno, S., & Sriyanto, M. I. (2021). Analisis keterampilan menyimak tayangan belajar

di TVRI pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 18–23. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i2.48707

Fitriah, L., Dermawan, T., & Sulistyorini, D. (2023). Komodifikasi Motifem Film Animasi Cerita Rakyat Nusantara Dan Relevansinya Sebagai Bahan Literasi Di Sekolah. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 169–179. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6533

Hariyadi, A., Matin, F., & Putri, A. (2021). Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Audio Visual Pada Mata Kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 110–116. https://doi.org/10.24176/re.v12i1.6891

Hartati, L., Liana, L., & Rozani, M. (2024). Kearifan Lokal Masyarakat Bangka Belitung dalam Cerita Rakyat “Batu Balai”: Kajian Pendidikan Karakter. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.30651/st.v17i1.20971

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Kurniawan, M. I. (2024). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 09–19. https://doi.org/10.62385/budimul.v2i1.87

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.

Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mangundu, A. F. S., Intja, N., & Moyo, I. (2023). Instructional Strategies for Effectively Teaching Mathematics in Grade 1 Classrooms in Rumanyo: A Kavango East Region Case. Open Access Library Journal, 10(10), 1–12. https://doi.org/10.4236/oalib.1110707

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Nand, L. (2022). Film Text Analysis—The Coming-of-Age Genre, Baz Luhrmann’s Production of William Shakespeare’s “Romeo and Juliet” (1996) Alias Romeo Juliet and Kate Wood’s “Looking for Alibrandi” (2000). Open Access Library Journal, 09(06), 1–14. https://doi.org/10.4236/oalib.1108695

Nukman, E. Y., & Setyowati, C. E. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar untuk SD Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Pembukuan.

Oktavia, A. D., & Jupri, A. R. (2022). Penggunaan Media Film Animasi Kartun Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Tentang Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 846–852. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2664

Putra, B. P., Arianti, A., & Alim, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menyimak Teks Fiksi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah

Dasar. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 140–148. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.82

Putra, I. N. A. S., Sutarwiyasa, I. K., Putra, P. S. U., Wardani, N. W., & Amelia, D. (2022). Perancangan Film Animasi 2d Cerita Rakyat Bali “Balapan Menjangan Dan Siput.” Jurnal Manajemen dan teknologi Informasi, 12(2), 136–143. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jmti

Rafiqah, I., Binti Mirnawati, L., & Naila, I. (2023). Analisis Pembelajaran Keterampilan Menyimak Cerita Dengan Media Film Dongeng Malin Kundang Pada Siswa Kelas V Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3274–3283. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8602

Rahmad, H. (2011). Legenda Batu Balai. blogspot.com. https://dongengceritarakyat.blogspot.com/2011/04/legenda-batu-balai.html

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul%0A

Ratumanan, & Rosmiati, I. (2020). Perencanaan Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Rismala, B. Z., & Nuroh, E. Z. (2023). Penggunaan Video Animasi Pada Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2),8597.http://www.ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/k

urikula/article/view/810/409

Sabillah, B. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Audio Pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5, 28–38. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3061

Simarmata, M. Y., Mastuti, D. L., Yudha, R. K., & Yuliansyah, A. (2019). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Literasi Di SMA Wisuda Pontianak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 88–101. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/1200

Siti, N., & Arisona, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Film Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Materi Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2275

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067–10078. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik.

K-Media.

Tantawi, I. (2019). Bahasa Indonesia Akademik (Strategi Meneliti dan Menulis). Prenadamedia Group.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Anggraini, V. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170

Apriliany, L., & Hermiati. (2021). Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascsarjana Universitas PGRI Palembang 15-16, 191–199.

https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605/4861

Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021,Vol.3,266–270. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/artic

le/view/605

Asip, M., Lestari, T. A., Maisura, Juliati, Apreasta, L., Setyaningsih, D., K, E. R., Devianty, R., Juliana, Mutia, I., & Sitanggang, R. P. (2022). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD. Media Sains Indonesia.

Budhiharti, T. W., & Hariyanto, F. (2022). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. Jurnal Politikom Indonesiana: Kajian Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi, 7.

https://journal.unsika.ac.id/index.php/politiko mindonesiana/article/view/8206

Dydyk, M. N. (2024). Exploring the Conflict between the Desire to Tell a Story and Ethical Representation. Open Access Library Journal, 11, 1–16. https://doi.org/10.4236/oalib.1112391

Faizah, S. N., Sukarno, S., & Sriyanto, M. I. (2021). Analisis keterampilan menyimak tayangan belajar di TVRI pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 18–23. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i2.48707

Fitriah, L., Dermawan, T., & Sulistyorini, D. (2023). Komodifikasi Motifem Film Animasi Cerita Rakyat Nusantara Dan Relevansinya Sebagai Bahan Literasi Di Sekolah. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 169–179. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6533

Hariyadi, A., Matin, F., & Putri, A. (2021). Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Audio Visual Pada Mata Kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 110–116. https://doi.org/10.24176/re.v12i1.6891

Hartati, L., Liana, L., & Rozani, M. (2024). Kearifan Lokal Masyarakat Bangka Belitung dalam Cerita Rakyat “Batu Balai”: Kajian Pendidikan Karakter. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.30651/st.v17i1.20971

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Kurniawan, M. I. (2024). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 09–19. https://doi.org/10.62385/budimul.v2i1.87

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.

Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mangundu, A. F. S., Intja, N., & Moyo, I. (2023). Instructional Strategies for Effectively Teaching Mathematics in Grade 1 Classrooms in Rumanyo: A Kavango East Region Case. Open Access Library Journal, 10(10), 1–12. https://doi.org/10.4236/oalib.1110707

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Nand, L. (2022). Film Text Analysis—The Coming-of-Age Genre, Baz Luhrmann’s Production of William Shakespeare’s “Romeo and Juliet” (1996) Alias Romeo Juliet and Kate Wood’s “Looking for Alibrandi” (2000). Open Access Library Journal, 09(06), 1–14. https://doi.org/10.4236/oalib.1108695

Nukman, E. Y., & Setyowati, C. E. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar untuk SD Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Pembukuan.

Oktavia, A. D., & Jupri, A. R. (2022). Penggunaan Media Film Animasi Kartun Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Tentang Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 846–852. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2664

Putra, B. P., Arianti, A., & Alim, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menyimak Teks Fiksi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 140–148. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.82

Putra, I. N. A. S., Sutarwiyasa, I. K., Putra, P. S. U., Wardani, N. W., & Amelia, D. (2022). Perancangan Film Animasi 2d Cerita Rakyat Bali “Balapan Menjangan Dan Siput.” Jurnal Manajemen dan teknologi Informasi, 12(2), 136–143. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jmti

Rafiqah, I., Binti Mirnawati, L., & Naila, I. (2023). Analisis Pembelajaran Keterampilan Menyimak Cerita Dengan Media Film Dongeng Malin Kundang Pada Siswa Kelas V Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3274–3283. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8602

Rahmad, H. (2011). Legenda Batu Balai. blogspot.com. https://dongengceritarakyat.blogspot.com/2011/04/legenda-batu-balai.html

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul%0A

Ratumanan, & Rosmiati, I. (2020). Perencanaan Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Rismala, B. Z., & Nuroh, E. Z. (2023). Penggunaan Video Animasi Pada Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2),8597.http://www.ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/k

urikula/article/view/810/409

Sabillah, B. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Audio Pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5, 28–38. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3061

Simarmata, M. Y., Mastuti, D. L., Yudha, R. K., & Yuliansyah, A. (2019). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Literasi Di SMA Wisuda Pontianak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 88–101. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/1200

Siti, N., & Arisona, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Film Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Materi Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2275

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067–10078. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik.

K-Media.

Tantawi, I. (2019). Bahasa Indonesia Akademik (Strategi Meneliti dan Menulis). Prenadamedia Group.

Wicaksono, Y. P. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Film untuk Meningkatkan Pembelajaran BIPA Tingkat Awal dan Menengah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(4), 876. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.