PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN 68 PALEMBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN 68 Palembang. Masalah yang diangkat adalah rendahnya kemampuan membaca pada siswa di tingkat awal sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Group Design. Populasi terdiri pada penelitian ini kelas 1A, 1B, 1C sebanyak 60 siswa. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih melalui cluster random sampling, yaitu satu kelas eksperimen (20 siswa) dan satu kelas kontrol (20 siswa). Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode bernyanyi, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa soal posttest. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 80,00, sedangkan kelas kontrol 49,25. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi efektif terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1. Metode ini dapat diterapkan sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anggraeni, S. W., Prihamdani, D., & Julianisa, D. D. (2024). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 478–486. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.30
Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984
Gunawan, A. S. A. (2022). Mengembangkan Kemempuan Berbicara Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok B. In. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11 (1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng
Hanum, F., Fitriandika Sari, N., Siregar, M., & Herawati Limbong, C. (2024). Meningkatkan Semangat Membaca Siswa SDN 04 Melalui Literasi Taman Bacaan di Desa Rintis Kabupaten Labuhanbatu. Ika Bina En Pabolo: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 17–24.
Hidayah, N., & Munirul Abidin. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 5(2), 66 – 6. https://doi.org/10.47435/naskhi.v5i2.2255.
Jannah Arianto, M., Sabani, F., Rahmadani, E., Sukmawaty, S., Guntur, M., & Irfandi, I. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23–31. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711
Kesumawati, N. & I. A. (2022). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan (E. Margaretha, Allen dan Harapan (ed.)). Noer Fikri Offset.
Luthfillah, N., Yusuf Muslihin, H., & Rahman, T. (2022). ANALISIS Pengembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2128
Mustafidah, H. dan S. (2020). Dasar - Dasar Metodologi Penelitian (T. Haryanto (ed.); Ke-1). UM Purwokerto Press (Anggota APPTI).
Ni’mah, K. (2020). Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); Ke-1 dan 2). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kualitatif (Sutopo (ed.); 4th ed.). Alfabeta.
Tambusai, J. P., Safitri, L., Ul Munafiah, N. (2024). Kunci, K., Kosakata, & Bernyanyi, M. (2024). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2171–2175.
Tsaniyah, W. (2024). Implementasi Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 107412 Simadamada Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 189–190.
Wulandari, A., Imania, H., Fitriah, A. N., Sari, Y. P., & Dwi, L. (2022). Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini di TK Sahabat Qur ’ an. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 7(1), 84–93.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zahra, U. (2024). Bahasa Sebagai Media Komunikasi Verbal (Studi Terhadap Komunikasi Dialogis Dalam Islam. KOMUNIKA Jurnal Dakwah Dan Komunikasi.1, 3(1), 11. https://media.neliti.com/media/publications/146243-ID-none .pdf