PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV SDN 164 PASAR MAGA

Isi Artikel Utama

Halimah Nasution
Riswandi Harahap
Sukriadi Hasibuan
Sabri Sabri

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku kelas IV SDN 164 Pasar Maga. Subjek  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 164 Pasar Maga yang berjumlah 16 orang, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu dalam 1 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/ observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil pembelajaran siswa maka peneliti menggunakan lembar observasi aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung dan tes evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam memahami pembelajaran.Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif. Skor rata-rata perolehan kelas pada awalnya adalah dengan rata-rata kelas 68,96 dengan jumlah siswa tuntas 4 orang (25%). Kemudian setelah dilaksanakannya tindakan di siklus I diperoleh rata-rata kelas yang berjumlah 70 dengan jumlah siswa tuntas 9 orang (56,25%), kemudian setelah dilaksanakannya tindakan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas dengan jumlah 85 dengan jumlah siswa tuntas 14 orang (87,5%). Jadi dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada materi subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dilihat dari hasil tes evaluasi belajar siswa serta hasil observasi aktivitas siswa.


 


Kata kunci: peningkataan hasil belajar, model pembelajaran NHT (Numbered Head Together)


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Halimah, Riswandi Harahap, Sukriadi Hasibuan, dan Sabri Sabri. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV SDN 164 PASAR MAGA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 59–66. Diakses Juni 18, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/187.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>