PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 1 (PEMBELAJARAN 1-2) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 100308 PANOMPUAN

Isi Artikel Utama

Faujiah Kharismasiregar
Sabri Sabri
Hasian Romadon Tanjung

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa pada tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajajaran 1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match  SD Negeri 100308 panompuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan. Subjeknya adalah sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisis tes hasil belajar, analisis aktivitas guru, analisis aktivitas siswa, dan angket respon siswa tentang model pembelajaran make a match. Hasil belajar siswa pada tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajran 1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match di kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan.  Tahun Pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan ketuntasan siswa pada setiap siklusnya. Yaitu pada siklus I memperoleh persentase 47,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajaran1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan.


Kata-Kata Kunci: Hasil Belajar Tematik, Make A Match.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kharismasiregar, Faujiah, Sabri Sabri, dan Hasian Romadon Tanjung. “PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 1 (PEMBELAJARAN 1-2) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 100308 PANOMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 15, 2022): 142–147. Diakses Juni 18, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/177.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>