ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN BERTINGKAT NAIKOTEN KOTA KUPANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keberadaan media pembelajaran berbasis video animasi yang di gunakan dalam proses pembelajaran. Media video animasi digunakan sebagai alat penunjang dalam membantu siswa untuk belajar. Dengan adanya media video animasi ini dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan motivasi siswa yang ditunjukan melalui rasa nyaman, fokus, semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk : 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Bertingkat Naikoten Kota Kupang. 2) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Bertingkat Naikoten Kota Kupang. 3) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi di kelas V SDN Bertingkat Naikoten Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara menggunakan metode survei dengan instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN Bertingkat Naikoten dan guru kelas dengan jumlah 43 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :1) Penggunaan animasi memiliki peran yang sangat penting dan berkontribusi baik dalam proses pembelajaran, dapat dilihat dari hasil rata-rata seluruh indikator XI sebesar 2,36 dengan kategori sangat baik. 2) Media video animasi berdedikasi baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang dilihat dari data hasil rata-rata seluruh indikator X2 sebesar 2,42 dengan kategori sangat baik. 3) Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan media video animasi dilihat dari hasil rata-rata seluruh indikator Y sebesar 2,45 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video animasi yang digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan motivasi belajar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Inggriyani, F.-, Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 28. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.8649
Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439.