UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE KELAS V SD NEGERI 200302 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Afdhal Ilahi
Tarmizi Maraguna
Nurbaiti Nurbaiti
Monica Theresia

Abstrak

ABSTRACT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  bagaimana upaya meningkatkan konsentrasi siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran  Example Non Example di SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 orang, objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan konsentrasi belajar tematik sesuai pada pembelajaran tematik tema 6 dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example di kelas V SD Negeri 200302 Padangsidimpuan, pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan melalui kegiatan kunjungan instrumen penelitian ini 1) Lembar observasi 2) Soal tes. Dari hasil analisis data , model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar pada tema 6 subtema 2 kelas V SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. Peningkatan peserta didik yang tuntas belajar dari siklus I ke Siklus II 8,24%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I 71 ,76% Peserta didik yang tuntas belajar, siklus II 80% peserta yang tuntas belajar. Peserta didik yang belum tentu suara siklus 2 akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remedial yang dipantau oleh pendidik sehingga diharapkan semua peserta didik dapat tuntas belajar.


 


Kata kunci: Upaya, Konsentrasi, Tematik, Model, Example Non Example

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ilahi, Afdhal, Tarmizi Maraguna, Nurbaiti Nurbaiti, dan Monica Theresia. “UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE KELAS V SD NEGERI 200302 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 7–16. Diakses Mei 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/308.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >>