PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI UPT SDN 027 PARIKSINOMBA T.A 2024/2025

Isi Artikel Utama

Kendedes Simanullang
Nurmayani Nurmayani
Elvi Mailani
Albert Pauli Sirait
Yusra Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media, mengetahui Kelayakan, Praktikalitas dan Efektivitas dari  Media Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di UPT SDN O27 Pariksinomba T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model (ADDIE) yang terdiri 5 langkah yaitu analisyt, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di UPT SDN O27 Pariksinomba T.A 2024/2025. Hasil analisis menandakan bahwa media interaktif produk ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Materi memperoleh persentase 82% dan 98 % dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase dengan kategori sangat praktis sebesar 95% dan keefektifan mendapatkan beberapa hasil yaitu ketuntasan hasil tes diperoleh 91,29% dengan kulifikasi sangat efektif dan berdasarkan uji N-gain yang dilakukan media cukup efektif untuk digunakan. Dengan demikian, dari  Media Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran IPAS yang dihasilkan dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Simanullang, Kendedes, Nurmayani Nurmayani, Elvi Mailani, Albert Pauli Sirait, dan Yusra Nasution. “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI UPT SDN 027 PARIKSINOMBA T.A 2024/2025”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2279–2288. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2941.
Bagian
Artikel

Referensi

Amatullah, D. C., & Ab, J. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 243-250.

Arliza, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Pendidikan Geografi. Jurnal Petik, 1(5), 77-84.

Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.

Monalisa, A., & Ariani, Y. (2023). Pengembangan Media Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(2), 585-595.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Siduarjo: UMSIDA Press.

Pratama, R. A. (2018). Al Barik (Turorial Gambar Grafik): Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2. Jurnal AdMathEdu, 8(2), 185-198.

Rafmana, dkk. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 5(1)

Ramadani, dkk. (2023). Pengruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). JPDSH, 2(6), 749- 756.

Roosita Bina, dkk. (2022). Keterkaitan Media Interaktif Dengan Semangat Belajar Peserta Didik. EduCurio, 1(1), 117-122.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama