PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 060970 BAGAN DELI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pembelajaran VCT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 060970 Bagan Deli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pra-eksperimen atau Pre-eksperimental Design dengan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 33 orang dan merupakan siswa kelas IV SDN 060970 Bagan Deli. Hasil penilaian validasi oleh validator ahli untuk instrument tes menunjukkan persentase sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa diketahui hasil analisis data nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001< 0,05. Syarat hipotesis diterima berdasarkan uji t adalah jika Thitung > Ttabel, Thitung = 24,245 dan Ttabel = 1,693 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 61,97 dan nilai rata-rata posttest yaitu 81,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VCT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN 060970 Bagan Deli.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anshori, M dan Iswati, S. 2009. Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Pusat
Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hayati, S., & Saputra, L. A. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Cv. Jaya Anugrah. Business Management, 2(1), 49–53. https://doi.org/10.58258/bisnis.v2i1.5430
Hendracita, N. (2021). Model - Model Pembelajaran Model - Model Pembelajaran (Cetakan ke). Multikreasi Press.
Husaini, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Educational Adventure Game Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jmir Perioper Med 2018;1(2):E10203
Kessy Masita, Fahdian Rahmandani, T. S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Melalui Model Problem Based Learning (PBL). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 8(April), 37–45.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, h. 72.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi, (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 201.