PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL PADA MATERI KATA BAKU DAN TIDAK BAKU DI MIS AL WASHLIYAH SIDUA-DUA LABUHANBATU UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall Pada Materi Kata Baku dan Tidak Baku di MIS Al Washliyah Sidua-dua Labuhanbatu Utara. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya, Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi dan praktisi pendidikan yaitu guru serta 21 peserta didik kelas IV MIS Al Washliyah Sidua-dua Labuhanbatu Utara. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis wordwall “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai skor kelayakan yang diberikan oleh validator ahli media dengan persentase 90% dan termasuk kategori “Sangat Layak”. Skor nilai kelayakan oleh validator ahli materi 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas yang dilakukan oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil skor nilai kepraktisan dengan persentase sebesar 91% berkategori “Sangat Praktis”. Keefektifan media wordwall dari hasil pre-test dan post-test peserta didik berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh skor rata-rata N-Gain % sebesar 76,20 dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sangat Layak, Sangat Praktis dan Sangat Efektif digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aminah, dkk. (2020). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Banda Aceh: Lembaga KITA
Anjelita Novita Sari, dkk. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Interaktif Dengan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9 (1)
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, hal. 41-50
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, hal. 213-232
Arni Mahyudi. (2022). Penggunaan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Baku Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. STAI Darul Ulum Kandangan: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Bilqis, N., dkk. (2025). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar di SD N 1 Pasirbatang. Tasikmalaya: Universitas Muhammadiyah, hal. 11
Deriyan, L. F., & Nurmairina. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, hal. 1
Khairunnisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase-Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (2), hal. 124-134
Lestari, R.D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SD N 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2 (2), hal. 1-6
Mailani, E., Humairah, E. (2019). Pengaruh Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Tahun Ajaran 2018/2019.