PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) MATERI SUMBER ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN 200107/10 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Fety Pratiwi
Riswandi Harahap
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Number Head Together (NHT) materi sumber energi kelas IV SD Negeri 200107/10 Padangsidimpuan. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 200107/10 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru 72,5% dan aktivitas siswa 70%. Pada siklus II meningkat 85% aktivitas siswa dan 82,5% aktivitas guru . Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang di laksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 50% dengan jumlah 9 orang siswa yang sudah mencapai KKM, 50% siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 78% atau 14 siswa yang sudah mencapai KKM dan 22% ata 4 siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 28%. Hal tersebut membuktikan dengan menggunakan model Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sumber energi di kelas IV SD Negeri 200107/10 Padangsidimpuan.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model, Number Head Together (NHT).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pratiwi, Fety, Riswandi Harahap, dan Nurbaiti Nurbaiti. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) MATERI SUMBER ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN 200107/10 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 409–419. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/348.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi,dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aunurrahman.2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Aqib, Zainal dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Elinmarlina. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Sumber Energi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Jurnal Ilmiah Pendidikan guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 1.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogjakarta: Kata Pena.

Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam jurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono Agus. 2015. Cooperative learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Rosda Karya.

Susanto, Ahmad. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Triani. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Berbantu Peta Konsep Terhadap Hasil Belakar IPS Terpadu Kelas VII Semester Gneap Mts Negeri 1 Lampung Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Volume 5 Tahun 2017; 118-123.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategis dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>