PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 091349 TIGARUNGGU

Isi Artikel Utama

Nofran Purba
Husna Parluhutan Tambunan
Apiek Gandamana
Khairul Usman
Yusra Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPAS di SD Negeri 091349 Tigarunggu. Jenis penelitian ini yaitu eskperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperimen design dengan bentuk nonequivalen group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 42 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 25 soal, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pada uji pemahaman awal kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 30,47 sedangkan pada kelas kontrol rata-ratanya 33,71. Setelah diberikan pembelajaran menggunakan media audio visual pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 86,09 sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional berbantuan buku ajar adalah 70,09. Dari data hasil analisis instrumen butir soal dengan cara uji hipotesis (Uji t-test) maka diperoleh 0,001 < 0,05 dengan taraf signifikan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho di tolak. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPAS, yang ditunjukkan melalui perbandingan nilai pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa media audio visual memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pendidikan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Purba, Nofran, Husna Parluhutan Tambunan, Apiek Gandamana, Khairul Usman, dan Yusra Nasution. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 091349 TIGARUNGGU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 13, 2025): 4946–4954. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3320.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3662

Hadaming, Hamdana, & Wahyudi, Andi Ardhila. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Media Audiovisual dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SD Pertiwi Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD). https://ojs3.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3062

Marisa, M. (2021). "Dampak Perkembangan Teknologi terhadap Transformasi Pendidikan di Abad 21". Jurnal Teknologi Pendidikan.

Samatowa, Usman (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks. https://dpk.kepriprov.go.id/opac/detail/mdf1n

Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT. Prenamedia Grup

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triwiyanto, T. (2014). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara

Yulinar, Tri. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Miftahus Shibyan Tugu Kota Semarang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>