PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WEB2APK BUILDER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH

Isi Artikel Utama

Deni Septian
Apiek Gandamana
Wildansyah Lubis
Fahrur Rozi
Waliyul Maulana Siregar

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui validitas kelayakan produk, efektivitas dan praktikalitas media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Web2apk Builder Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Di Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah. Populasi penelitian yakni 19 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan di SDN 107400 Bandar Khalipah. Sampel penelitian yakni siswa kelas V semester genap T.A 2024/2025 di SDN 107400 Bandar Khalipah. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni lembar wawancara, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang didapatkan antara lain: (1) Hasil persentase validasi produk oleh validator secara keseluruhan adalah 87% dan termasuk sangat sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran; (2) Hasil penilaian praktikalitas dari guru kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah diperoleh nilai total dengan persentase 85% termasuk dalam kategori sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran; dan (3) Skor N-Gain (g) berjumlah 0,57 yang berada dalam batas 0,3 ≤ g ≤ 0,7 dengan keterangan kriteria “Sedang (Efektif)” sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sarana pembelajaran yang berbasis aplikasi Web2apk Builder efektif dan efisien diterapkan pada waktu pembelajaran. Kesimpulan dalam kajian dan pengembangan ini melahirkan sebuah produk yang berupa sumber belajar berbasis aplikasi Web2apk Builder terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang sesuai, aplikatif dan efisien digunakan pada waktu pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Septian, Deni, Apiek Gandamana, Wildansyah Lubis, Fahrur Rozi, dan Waliyul Maulana Siregar. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WEB2APK BUILDER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2884–2902. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3097.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, S (2017). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Fatwa, A. F. (n.d.). B1_6_FARADILA_FATWA_ANESYA_19129114_3619_2023 (1).pdf [Universitas Negeri Padang]. http://repository.unp.ac.id/48191/1/B1_6_FARADILA_FATWA_ANESYA_19129114_3619_2023.pdf

Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Paqih, R., Nurhadi, S. N., Usep, S., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. 4(2), 106–113.

Khofiifah, D. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Website 2 Apk Builder Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMAN 16 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Rachman Arif, Hanla, Yochanan E, Samanlangi, Andi Ilham, P. H. (2024). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (U. Ismaya bambang, Anggraini Anis, M, Raditya (ed.); Cetakan pe, Issue January). CV Saba jaya. file:///C:/Users/WIN 10/Downloads/coverMETODEPENELITIANKUANTITATIFKUALITATIFDANRD.pdf

Setiawan, M. A., & Yugopuspito, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android menggunakan iSpring dan APK Builder pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 06(03), 15948–15956.

Siregar Maulana Waliyul, Prawijaya Septian, Setiawan Fandi, P. R. S. (2023). Peran Guru Penggerak Sebagai Agen Perubahan Pendidikan. Guru Kita, 8(I), 1–8.

Siyoto Sandu, S. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Ayup (Ed.), Literasi Media (Cetakan 1,). Literasi Media Publishing. file:///C:/Users/DELL/AppData/Local/Microsoft/Windows/INetCache/IE/MQOUPJMO/Buku_-_Motodologi_Penelitian_(Sandu_dan_Ali)[1].pdf

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Yuliani, W., & Nurmauli, B. (2021). METODE PENELITIAN PENGEMBANGAN (RND) DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 5(1), 111–118. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Zahara, J., Gandamana, A., Sitohang, R., & Aulia, S. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas II SD Panca Budi T . A 2023 / 2024. 4, 5394–5411.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>