EFEKTIVITAS PERMAINAN PATOK LELE TERHADAP KOORDINASI GERAK PADA SISWA KELAS 5 SDN 101823 BEKALA PANCUR BATU T.A 2024/2025

Isi Artikel Utama

Jean Emeninta Surbakti
Khairul Usman
Winara
Putra Afriadi
Yusra Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan tradisional Patok Lele dalam meningkatkan koordinasi gerak siswa kelas 5 di SDN 101823 Bekala Pancur Batu tahun ajaran 2024/2025. Pentingnya koordinasi gerak bagi perkembangan motorik halus dan kasar anak usia sekolah dasar menjadi dasar utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu, dimana siswa mengikuti kegiatan permainan Patok Lele selama 4 minggu dengan frekuensi 3 kali dalam seminggu. Sebelum dan sesudah pelaksanaan permainan, dilakukan pengukuran terhadap tingkat koordinasi gerak menggunakan instrumen observasi dan penilaian skor yang sudah disusun sebelumnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik T-test untuk mengetahui pengaruh signifikan dari intervensi permainan Patok Lele terhadap peningkatan koordinasi gerak siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor koordinasi gerak secara statistik signifikan dengan nilai rata-rata peningkatan sebesar 20%, yakni dari rata-rata sebelum intervensi 65 menjadi 85 setelah intervensi. Temuan ini memperkuat anggapan bahwa permainan Patok Lele sebagai jenis permainan tradisional yang menyenangkan dan menantang sangat efektif dalam merangsang motorik dan koordinasi siswa, serta mampu menjadi alternatif media pembelajaran fisik yang menarik dan efisien di lingkungan sekolah dasar. Dengan demikian, penerapan permainan ini diharapkan dapat mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih variatif dan menyenangkan, serta mendorong anak-anak aktif secara fisik dan sosial. Ke depannya, penelitian ini juga dapat dikembangkan dengan menambahkan aspek lain seperti aspek psik

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Surbakti, Jean Emeninta, Khairul Usman, Winara Winara, Putra Afriadi, dan Yusra Nasution. “EFEKTIVITAS PERMAINAN PATOK LELE TERHADAP KOORDINASI GERAK PADA SISWA KELAS 5 SDN 101823 BEKALA PANCUR BATU T.A 2024/2025”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3200–3206. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3154.
Bagian
Artikel

Referensi

Annatasia f, q. (2021). patok lele. rawamangun jakarta timur: bumikasara .

Community, T. (2020). Mengenal Permainan Tradisional: Patok Lele. Traditional Games Returns.

Daitin Tarigan, M. S. (2023). Statistik Pendidikan. medan: universitas negri medan .

Edwar, A. R. (2024). Pendidikan dan Olahraga. Pendidikan dan Olahraga.

Schmidt, R. A., & Lee, T. D. 2011. "Motor Control and Learning." Behavioral Emphasis. Human

Kinetics.

Daitin Tarigan, M. S. (2023). Statistik Pendidikan. medan: universitas negri medan .

Ghifahr, R. c. (2023). penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran pjok sekolah dasar.

permainan tradisional.

Khairul Usman, S. S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TINGKAT

KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BASKET. Journal

of Physical Education and Sports starting

Michael, I. d. (2018). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. kemdikbud.go.id.

Nugroho, A. (2017). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal

Pendidikan Olahraga, 123-135.

Oktarifaldi Oktarifaldi, R. S. (Vol 4 No 2 (2019)). Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Dan

Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lokomotor Siswa Usia 7 Sampai 10 Tahun. Jurnal

MensSana .

Sheiyawibi. (2018). permainan tradisional dalam pelajaran penjasorkes. permainan tradisional.

Simamora., B. S. (2019). aktif berolahraga pendidikan jasmani ,olahraga dan kesehatan. - Jakarta:

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Simamora., B. S. (2019). Buku Guru Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan

Kesehatan . - Jakarta: Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Sugiyono. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS dan Lisrel Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data

Penelitian. Alfabeta, Bandung.

sugiyono. (2017). metode penelitian ekperimen . penelitian ekperimen , 107.

Sugiyono, P. (2014). Populasi dan sampel. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Tayibnafis. (2017). Penggunaan Penilaian efektivitas dalam menilai efektivitas program.

Wildansyah Lubis M.Pd, D. A. (2022). metode penelitian pendidikan . kuantitatif,kualitatif,r&d dan

ptk . medan : universitas negri medan .

Wening Nugraheni, A. W. (2017). TINGKAT KOORDINASI MATA TANGAN KAKI

MAHASISWA PJKR FKIP UMM. Jurnal Riset Physical Education

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>