UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI 100606 AEK NAULI KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Isi Artikel Utama

suci apriliana harahap
Zulfadli Zulfadli
Monica Theresia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi lingkungan tempat tinggalku melalui model word square kelas IV SD Negeri 100606 Aek Nauli.Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 100606 Aek Nauli.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas guru.Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 53,33% aktivitas guru. Pada siklus II meningkat 84,76%. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus.Siklus I mencapai 25% atau 5 orang siswa sudah mencapai KKM 75% atau 15 siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 80% atau 16 orang siswa sudah mencapai KKM 20% atau 4 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 55%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV SD Negeri 100606 Aek Nauli.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
apriliana harahap, suci, Zulfadli Zulfadli, dan Monica Theresia. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI 100606 AEK NAULI KABUPATEN TAPANULI SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 340–346. Diakses April 26, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/444.
Bagian
Artikel

Referensi

Anita, W. Sri. 2018. Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ekawarna.2011.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Purba, J. F. 2020. Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Clasroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PGSD. Volume IVTahun2020 ; 11-19.

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. AL-BIDAYAH.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>