UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI 100606 AEK NAULI KABUPATEN TAPANULI SELATAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi lingkungan tempat tinggalku melalui model word square kelas IV SD Negeri 100606 Aek Nauli.Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 100606 Aek Nauli.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas guru.Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 53,33% aktivitas guru. Pada siklus II meningkat 84,76%. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus.Siklus I mencapai 25% atau 5 orang siswa sudah mencapai KKM 75% atau 15 siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 80% atau 16 orang siswa sudah mencapai KKM 20% atau 4 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 55%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV SD Negeri 100606 Aek Nauli.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anita, W. Sri. 2018. Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ekawarna.2011.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Purba, J. F. 2020. Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Clasroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PGSD. Volume IVTahun2020 ; 11-19.
Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. AL-BIDAYAH.