PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP SIKAP BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Penulis

  • Asmeri Sir Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution
  • Ahmad Zainy Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

persepsi, siswa, daring, sikap, bela

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Untuk mengetahui  sikap belajar Mahasiswa Pada pembelajaran daring pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilakukan di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui dalam pembelajaran  mahasiswa memiliki persepsi yang baik pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui sikap belajar mahasiswa diperoleh sangat baik dimana dari hasil wawancara diperoleh informasi mahasiswa dalam pembelajaran memiliki memiliki perasaan senang saat belajar dan tidak terpaksa dalam belajar atau bosan dan selalu berusaha hadir disetiap pembelajaran, kemudian mahaiswa memperhatikan dosen dengan  baik dalam pembelajaran.

Referensi

Aqma Rina Za. 2021. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan Dimasa Pandemi Covid-19. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Dachmiati, Sabrina. Program Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Sikap Dan Kebiasaan Belajar Siswa. Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan. Volume II Nomor 1 Tahun 2015.

Handarini. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Volume 8, Nomor 3, Tahun 2020.

Husein, Umar. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutagalung, Inge. 2017. Pengembangan Keperibadian. Semarang: Indeks.

Sarwono, Sarlito Wirwan, 2014. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.

Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarni, Samsilayurni. Pengaruh Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Keluang Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ad–Man–Pend. Volume 1 Nomor 1. Tahun 2018

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-19

Cara Mengutip

Asmeri Sir, Sari Wahyuni Rozi Nasution, & Ahmad Zainy. (2024). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP SIKAP BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 12–17. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1258

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>