ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SOSOPAN
Abstrak
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, yang didasarkan pada hasil pengumpulan data. Adapun
kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dampak negatif dan dampak positif dari penggunaan gadget
(smartphone) terhadap karakter peserta didik, dimana dampak positifnya adalah dengan adanya gadget (smartphone)
dapat menambah pengetahuan bagi peserta didik, seperti mencari sumber informasi, meningkatkan kratifitas dalam
belajar peserta didik. Menurut respon peserta didik setelah dilakukan penelitian dampak positif dari penggunan
gadget (smartphone) dapat menambah pengetahan bagi peserta didik seperti mencari sumber atau informasi,
mencari referensi saat belajar, mempermudah komunikasi antara peserta didik dan guru arau sesama teman, dan
dapat meningkatkat kemampan dalam mengatur waktu. Kemudian dampak negatifnya adalah menggaggu
konsentrasi saat belajar, malas menulis dan membaca diakibatkan pada saat belajar peserta didik menjadi tidak fokus
dan hanya teringat dengan gadget (smartphone). Mrnurur respon peserta didik setelah dilakukan penelitian dampak
negatifnya yaitu dapat merusak penglihatan peserta didik, peserta didik menjadi malas belajar karena teringat dengan
gadget (smartphonnya), mengganggu konsentrasi peserta didik saat belajar, dan banyak peserta didik yang
kecanduan bemain gadget (smartpohne) nya. Implikasi penelitian merupakan arahan dan tindak lanjut dari makna
yang terkandung dalam temuan penelitian. Dalam penelitian ini ditemukan banyaknya dampak negatif bagi peserta
didik. Contohnya seperti peserta didik yang kecanduan bermain gadget (smartphone) sehingga banyak peserta
didik yang menggunakan gadget (smartphone) pada saat proses belajar mengajar. Seharusnya dalam proses belajar
mengajar peserta didik tidak menggunakan gadget (smartphone), jika tidak dibutuhkan
Referensi
Atikah, N., & Sumardjoko, B. (2019). Penggunaan
Gadget di Kalangan Anak Sekolah (Studi
Kasus di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih,
Kabupaten Karanganyar) (Doctoral
dissertation, Universitas Muhammadiyah
Surakarta).
Indrayani, N. M. (2021). Dampak Penggunaan Media
Komunikasi (Gadget) terhadap Perubahan
Perilaku pada Generasi Muda Hindu.
Lampuhyang, 12(1), 1-16.
Muttabiah, A., Suryani, E., & Hawa, A. M. (2021).
Dampak Penggunaan Gadget Terhadap
Interaksi Sosial Peserta Didik.
JANACITTA, 4(2).
Ngatiman, N., & Ibrahim, R. (2018). Pendidikan
Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam.
Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam,
(2), 213-228.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta.