ANALISIS PERILAKU BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN

Penulis

  • Naga Sakti Harahap harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Febriani Hastini Nst Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ahmad Zainy Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

perilaku belajar, , proses pembelajaran TIK, perilaku siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sihapas Barumun. Perilaku belajar
merupakan sikap dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran. Perilaku siswa tentu tidak bisa dipisahkan
dari kebiasaan di sekolah maupun di luar sekolah sehingga memberikan karakteristik tertentu terhadap
perilaku belajarnya saat mengikuti proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan peneliti
yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan
kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian seluruh siswa kelas XI IPA yang
berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku belajar siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XI IPA memiliki perilaku baik. Hal ini
dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh adalah nilai rata-rata 63,3 dan berada pada kategori
“baik”. Adapun nilai rata-rata persentase dari angket perilaku belajar siswa 23% yang berada pada kategori
“sangat baik” 30%, yang berada pada kategori “baik”, 26,9% yang berada pada kategori”cukup baik”, dan
19,2% yang berada pada kategori”kurang baik”.

Referensi

Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Pendidikan Sosial

Kualitatif. Bandung: Renika Aditama.

Muhibin Syah, 2012. Pisikologi pendidikan dengan

pendekatan baru, Bandung : Remaja.

Noor, Juliansyah. 2014. Metodologi Penelitian.

Jakarta : Kencana prenadamedia Group.

Nurhuda, Teguh Arif dkk. 2017. Kajian Sosiologi

Sastra Dan Pendidikan karakter Dalam

Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami

Serta Relevansinya Pada Pembelajaran

Sastra Di SMA. Jurnal Ilmiah Didaktika

Program Studi Magister Pendidikan

Bahasa Indonesia, FKI Universitas 11

Maret 2017. 18, No. 1, 2017 (Hal 103-117).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen.

Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

harahap, N. S. H., Febriani Hastini Nst, & Ahmad Zainy. (2024). ANALISIS PERILAKU BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 103–107. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1327

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>