EVEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe efektif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran TIK di MAS Babussalam. Penelitian ini dilakukan di MAS Babussalam. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan metode Eksperimen desain one groub pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gambaran Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe di Kelas X1 MAS Babussalam berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata hasil observasi sebesar 3.20. Gambaran minat belajar siswa sebelum pembelajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi sparkol videoscribe diperoleh nilai rata-rata hasil angket sebesar 69.41 yakni berada pada kategori cukup. Setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi sparkol videoscribe diperoleh nilai rata-rata hasil angket sebesar 74.52 yakni berada pada kategori Baik. Melalui uji hipotesis yang dilakukan diketahui nilai thitung > ttabel yakni 8.233 > 1.306. Kemudian nilai signifikan yang di dapat sebesar 0.000 maka di ketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima, artinya “Terdapat efektivitas penggunaan media pembelajaran aplikasi sparkol videoscribe terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran TIK di Mas Babussalam
Referensi
Bahasa