PERANCANGAN MODUL AJAR APLIKASI CORELDRAW PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN

Penulis

  • Muhammad Ricky Rahman Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution Ipts
  • Ahmad Zainy Ipts
  • Ermawita Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Coreldraw X7 , perancangan, modul, addie

Abstrak

Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan teratur dan berencana dengan maksud memperoleh seseorang yang berkualitas dan berkarakter untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam proses pembelajaran diperlukan komponen-komponen agar kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik dan terarah, salah satunya adalah dengan adanya modul ajar yang dapat dijadikan pedoman belajar baik bagi siswa maupun guru. Modul merupakan salah satu media pembelajaran yang berbentuk naskah atau media cetak yang sering digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perancangan modul ajar aplikasi Coreldraw, mengetahui kelayakan modul pembelajaran Coreldraw X7, dan mengetahui pendapat siswa dengan adanya modul Coreldraw X7. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang teridiri dari (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian yaitu siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Panyabungan yang berjumlah 70 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data dari ahli, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli bahasa mendapatkan nilai persentase 65,4%, ahli mata pelajaran mendapatkan nilai persentase 76,3% dan dapat dikategorikan Layak. Selanjutnya hasil persentase kelayakan dari respon siswa X TKJ mendapatkan nilai persentase X TKJ 1 82,3% dan X TKJ 2 84,2% dengan mendapatkan kategori Sangat Layak

Referensi

Juliansyah Noor, (2016). Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah). Penerbit Prenadamedia Group. Jakarta.

Lubis, M. D. S., Sinaga, H. F. R. U. A. D. B., Anggraini, E. M., & Saragih, F. S. (2020). Analisis Desain Grafis Menggunakan Teknologi Komputer Berbasis Software CorelDraw. Jtik, 4(2), 89–99.

Muharika, D., & Agus, F. R. (2019). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 80–86.

Mulyana, N., Sulistyanto, A., & Yasin, V. (2021). Aset It Berbasis Web Pada Pt Mandiri Axa. 1, 243–257.

Nana Syaodih Sukmadinata, (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Solihin, H. H., & Fuja Nusa, A. A. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan, Pembelian Dan Persediaan Suku Cadang Pada Bengkel Tiga Putra Motor Garut. Infotronik : Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 2(2), 107.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta. Bandung.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-09-07

Cara Mengutip

Muhammad Ricky Rahman, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, & Ermawita. (2023). PERANCANGAN MODUL AJAR APLIKASI CORELDRAW PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 48–53. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1473

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>