PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PANYABUNGAN

Penulis

  • soprinst ipts
  • ermawita Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstrak

PelaksanaanPembelajaran E-ModulBerbasisProject Based Learning (PjBL) BelumPernahditerapkan di SMK Negeri 3 Panyabungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, praktikalitas dan efektivitas E-Modul berbasis Project Based Learning dan menghasilkan E-Modul pembelajaran pada materi desain jaringan LAN untuk kelas X TKJ SMK Negeri 3 Panyabungan yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development),R&D yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Jenis penelitian ini menggunakan 4-D models, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang validator, yaitu 2 dosen Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dan satu guru mata pelajaran serta 32 orang siswa SMK Negeri 3 Panyabungan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan E-Modul berbasis Project Based Learning pada materi desain jaringan LAN kelas X TKJ SMK Negeri 3 Panyabungan yang sangat valid, sebesar 88,4% oleh validator dosen dan 93,2% dari validator guru mata pelajaran. Kemudian praktikalitas yang diberikan oleh guru sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan oleh siswa sebesar 90,5% dengan kriteria sangat praktis. Kemudian efektivitas nilai yang didapat yaitu pada aspek pengetahuan dengan rerata nilai 94 dengan keterangan sangat efektif, pada aspek sikap didapat rerata nilai 79,68 dengan keterangan efektif, dan aspek keterampilan didapat nilai rerata 80 dengan keterangan efektif. Dari penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Project Based Learning pada materi desain jaringan LAN untuk kelas X TKJ SMK Negeri 3 Panyabungan yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis, dan Efektif untuk digunakan  dan dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar.

Referensi

Dimhad. (2014). Penggunaan E-Modul Interaktif Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Saraf,Kemampuan Generik Sains dan Berfikir Kritis. Retrieved Januari 20, 2016.

Lubis, Maulana, Arafat. (2019). Pembelajaran PPKN di SD/MI Kelas Rendah. Bandung : Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Moh Fausih, D.T. (2015). Pengembangan Media E- Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)”Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. 1.

Moeslichatoer, (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-07-26

Cara Mengutip

soprinst, ermawita, & Hanifah Nur Nasution. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PANYABUNGAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(2), 24–29. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1123

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>