ANALISIS KESIAPAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR

Penulis

  • Irana Dewi Siregar1 Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution IPTS
  • Ahmad Zainy IPTS
  • Nenni Faridah Lubis
  • Thofik Hidayat Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

kesiapan, analisis, belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pemrograman dasar di Kelas X SMK Negeri 1 Aek Nabara Barumun. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Aek Nabara Barumun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah logika ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui nilai rata-rata hasil angket kesiapan belajar siswa  diperoleh sebesar 73.46 yaitu berada pada siap. Pencapaian hasil angket ini menunjukkan siswa memiliki kesiapan yang baik dalam belajar.  Dari angket yang dikumpukan  terdapat sebanyak 4 siswa mencapai kategori “sangat siap” dengan persentasse 15.38% kategori “Siap” diperoleh sebanyak 21 dengan persentasse 80.77%. kategori tidak siap sebanyak 1 siswa atau dengan persentasse 3.85%. Sesuai hasil penelitian yang dilakukan diketahui nilai rata-rata hasil angket proses pembelajaran pemrograman dasar diperoleh sebesar 77.31 yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil angket yang diolah dalam perhitungan terdapat sebanyak 7 siswa mencapai kategori sangat baik dalam pelaksanaan proses pembelajaran Pemrograman Dasar di Kelas X SMK Negeri 1 Aek Nabara Barumun atau sebanyak 26.92% dari total jumlah siswa. Sedangkan kategori baik diperoleh sebanyak 17 siswa yaitu 65.38%. Selanjutnya kategori cukup diperoleh 2 siswa yaitu sekitar 7.69%.

 

Referensi

Agustya, Zeva. Pengaruh Respon Siswa Tentang Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 5 Nomor 3 Tahun 2017; 1-6.

Effendi. Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika. Volume V Nomor 1. Tahun 2017; 15-24

Herawati. 2018. Memahami Proses Belajar Anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Volume 4 Nomor 1 Tahun 2020; 27–48.

Margono. 2018. Metodologi penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sinta, Vovi. B. Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Volume 1, No. 1 Tahun 2017; 11-20.

Sinurat. Ledya Riskiana. Analisis Kesiapan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Kelas X TKJ SMK Swasta (YAPIM) Pasar Binanga. Jurnal Vinertek Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.1 No.2 Tahun 2021.

Slameto. 2017. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-09-07

Cara Mengutip

Irana Dewi Siregar1, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, Nenni Faridah Lubis, & Thofik Hidayat. (2023). ANALISIS KESIAPAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 1–5. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1472

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>