PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH

Penulis

  • Aisyah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution IPTS
  • Ermawita IPTS

Kata Kunci:

E-modul Interaktif berbasis Android, Sigil Software, model ADDIE

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Sinunukan. Mengetahui kelayakan E-modul Interaktif berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri  1 Sinunukan. Penelitian Pengembangan ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan research and developmen (R&D) prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE, Menurut Tegeh dan Kirna model ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu : 1) analisis (analyze), 2) perancangan (desain), 3) pengembangan (development) 4), implementasi (implementation) dan 5) Evaluasi (evaluation). Uji Coba penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sinunukan yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ini yaitu menggunakan lembar validasi berupa angket dan analisis data untuk menghitung skor jawaban. Kualitas e-modul dengan menggunakan sigil software dikategorikan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi. Untuk mengetahui tingkat kelayakan produk telah dilakukan tahap validasi yaitu : validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 90% dengan kriteria ”Sangat Layak”, validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 94% dengan kriteria ”Sangat layak”, dan uji coba kepada siswa mendapatlan skor rata-rata 92,68 dengan kriteria “Sangat Praktis”.

 

Referensi

Alian dan Safitri. (2017) Pengaruh Penggunaan Media Bulletin Board Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negri 1 Indralaya Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. 2017.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Manajemen Penelitian. 2007.

Budiharti, Rini dkk. 2021. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Saintifik Menggunakan Software Sigil Pada Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). ISSN : 2089-6158. Vol. 11. No. 2. 10 Agustus 2021.

Fahmi, Hidayat dan Yusuf Budi Prasetya Santosa. (2020). Variabilitas Penggunaan Model Pembelajaran Pada Kegiatan Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS di Kota Depok. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajin Sejarah. Vol. 2. No. 2. Juli – Desembe. 2020.

Hardyanto,Wahyu dkk. 2019. Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pasca Sarjana. ISSN : 2686-6404. 2019.

Alian dan Safitri. (2017) Pengaruh Penggunaan Media Bulletin Board Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negri 1 Indralaya Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. 2017.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Manajemen Penelitian. 2007.

Budiharti, Rini dkk. 2021. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Saintifik Menggunakan Software Sigil Pada Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). ISSN : 2089-6158. Vol. 11. No. 2. 10 Agustus 2021.

Fahmi, Hidayat dan Yusuf Budi Prasetya Santosa. (2020). Variabilitas Penggunaan Model Pembelajaran Pada Kegiatan Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS di Kota Depok. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajin Sejarah. Vol. 2. No. 2. Juli – Desembe. 2020.

Hardyanto,Wahyu dkk. 2019. Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pasca Sarjana. ISSN : 2686-6404. 2019.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-02-06

Cara Mengutip

Aisyah, Hanifah Nur Nasution, & Ermawita. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 7–11. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1481

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>