EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CSH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR (BITMAP) KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Zulkaidah Hasibuan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution
  • Nurhidayah Fithriyah Nasution
  • Armansyah Lubis IPTS

Kata Kunci:

media pembelajaran, Adobe Flash Cs6, mi

Abstrak

Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu kefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran  pada saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan  efektivitas penggunaan media pembelajaran menggunakan adobe flash cs6 terhadap minat belajar siswa pada materi perangkat lunak pengolah gambar (bitmap) kelas x Multimedia di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain pre exp erimental design dengan jenis postest one-group pretest-posttest desain. Dalam desain ini terdiri dari nilai sebelum perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Nilai sebelum perlakuan disebut pretest dan nilai sesudah perlakuan disebut posttest. Berdasarkan hasil output SPSS 22 pada table diatas merupakan hasil analisis uji r nilai signifikan yang diperoleh 0,413 %. Berdasarkan hasil nilai tersebut dapat dilihat bahwa nilai sig (2-tailed) < dari taraf sig 0,05<0,413 dari taraf signifikasi. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative dapat diterima dan di uji kebenarannya, artinya terdapat efektivitas yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran aplikasi Adobe Flash Cs6 terhadap minat belajar siswa di kelas X Multimedia di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan.

Referensi

Alistriwahyuni. 2019. Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Dan Fitur Layanan I-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada I-Saku Di Indimaret. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Volume 07 nomor 02 tahun 2019.

Dolong. 2016. Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Volume 5, nomor 2, juli-desember 2016. Hal 293-300.

Friantini dan Winata. 2019. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Volume 4. Nomor 1. Bulan maret 2019. Page 6-11.

Hanafri. Dkk. 2017. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash Cs6. Jurnal Sisfotek Global. Vol 7. No 2. September 2017.

Harefa, Melius, dkk. 2020. Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan. Volume 1, nomor 2, Juli 2020, hal. 81-86

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

Zulkaidah Hasibuan, Hanifah Nur Nasution, Nurhidayah Fithriyah Nasution, & Armansyah Lubis. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CSH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR (BITMAP) KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 37–41. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1480

Terbitan

Bagian

Informatika