PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Indah Lestari Hrp Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar
  • Lia Purnama Sari IPTS

Kata Kunci:

media pembelajaran, hasil belajar, vlog

Abstrak

Nilai rata-rata hasil ulangan harian siswa kelas X SMKS YPIPL Gunungtua memperoleh nilai “65”, sedangkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah “70”, ini menunjukkan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebab turunnya peserta didik adalah model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan pembelajaran daring. Penggunaan buku paket yang jarang digunakan peserta didik. Serta banyaknya siswa yang tidak menyukai pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Hybrid Learning Dengan Bantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Di SMKS YPIPL Gunungtua. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS YPIPL Gunungtua. Instrumen yang dipergunakan adalah observasi dan tes dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran dan adobe flash yang digunakan diperoleh skor  rata-rata 70% dengan kategori “Baik”  artinya model pembeljaran dan adobe flash mendapat respon yang positif dari siswa. dapat disimpulkan bahwa HO pada kelas eksperimen ditolak dengan Ha diterima karena sig (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran hybrid learning bantuan multimedia terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X ADM.

Referensi

Dewi, C., Sari, C., Rosita, D. (2020). Vlog Sebagai Media Edukasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis, 3(2). 24-34.

Harsiwi, U., Arini, L.(2020). Pengaruh Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4).1105-1113.

Kurniawan, B., Wiharna, O., Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.Journal Of Mechanical Eingineering Education. 4 (2). 156-162.

Rendro, D. B. dkk, (2020).Analisis Monitoring Sistem Keamanan Jaringan Komputer Menggunakan Software NMAP (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kota Serang). Jurnal Prosisko, 108-115.

Samosir, A., Efendi, S., Gultom, M. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Google Clasroom Dengan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Massa Covid-19 Di Lubuk Pakam.Jurnal Tunas Bangsa. 7 ( 2). 1-13.

Siregar,L.H.(2019). Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan., 7(1 ). 91-94.

Yudhi, R., dan Priana, S. (2017). Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Teknologi Informasi FKIP UNTIRTA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidika., 3(6). 313-316.

Zaid, A. (2012). Analisis Vulnerabilitas Host Pada Keamanan Jaringan Komputer di PT. Sumeks Tivi Palembang (PALTV) Menggunakan Router Berbasis Unix. Jurnal Teknologi dan Informatika, 2(3), 189-199.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-26

Cara Mengutip

Indah Lestari Hrp, Lukman Hakim Siregar, & Lia Purnama Sari. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 48–52. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1479

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>