PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMKS YPIPL GUNUNGTUA

Penulis

  • Fitri Handayani Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

model hybrid learning, multimedia, hasil belajar

Abstrak

Nilai rata-rata hasil ulangan harian siswa kelas X SMKS YPIPL Gunungtua memperoleh nilai “65”, sedangkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah “70”, ini menunjukkan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebab turunnya peserta didik adalah model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan pembelajaran daring. Penggunaan buku paket yang jarang digunakan peserta didik. Serta banyaknya siswa yang tidak menyukai pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Hybrid Learning Dengan Bantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Di SMKS YPIPL Gunungtua. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS YPIPL Gunungtua. Instrumen yang dipergunakan adalah observasi dan tes dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran dan adobe flash yang digunakan diperoleh skor rata-rata 70% dengan kategori “Baik” artinya model pembeljaran dan adobe flash mendapat respon yang positif dari siswa. dapat disimpulkan bahwa HO pada kelas eksperimen ditolak dengan Ha diterima karena sig (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran hybrid learning bantuan multimedia terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X ADM.

Referensi

Aswan, dkk. 2020. Starategi belajar mengajar. Penerbit Bhineka Cipta Yogyakarta.

Kristin, F. 2016. Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal pendidikan dasar perkhasa. 2(1). 90-98.

Lestari, dkk. 2016. Pengaruh pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar matematika. Jurnal pengaruh pembelajaran multimedia. 2(1). 169-179.

Mair. Z. 2017. Media pembelajaran sistem pernapasan pada manusia berbasis multimedia. Jurnal teknik informatika politeknik Sekayu. (TIPS). 4(1). 20-30.

Marliani, N. 2015. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri matematis project (MMP). Jurnal formatif. 5(1). 14-25.

Nidawati. 2013. Belajar dalam perspekif psikologi dan agama. Jurnal pionir. 1(1). 13-28.

Nurhayati, E. 2019. Penerapan buku saku dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pasca gempa bumi. Jurnal kependidikan. 5(2). 94-99

Purwanto. 2011. Evaluasi hasil belajar. Penerbit pustaka belajar Yogyakarta.

Sakkir, dkk. 2020. Model pembelajaran respons verbal dalam kemampuan berbicara. Jurnal pendidikan. 4 (1). 113-122.

Sari, S. 2012. Pengaruh model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMP Swasta dikecamatan Medan Area. Jurnal tabularasa PPS Unimed. 9(1). 33-44.

Siregar,L.H.(2019). Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan., 7(1 ). 91-94.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-12-13

Cara Mengutip

Fitri Handayani, Lukman Hakim Siregar, & Ermawita. (2023). PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMKS YPIPL GUNUNGTUA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 16–23. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1505

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>