PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

Penulis

  • Fitri Handayani Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar
  • Ermawita

Kata Kunci:

model hybrid learning, multimedia, hasil belajar

Abstrak

Siswa kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung hal ini dikarenakan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran terutama pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Vlog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di Kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur.Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian Kuantitatif.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain True-Expreminetal Design dengan tipe One Group Pretest and Postest Design. Populasiadalah seluruh siswa Kelas X RPL Di SMK Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 48 Siswa. Berdasarkan analisis data peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dari pengumpulan data, terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis Vlog pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji paired sample test yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa H0 pada kelas eksperimen ditolak dan Ha diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05.

Referensi

Aswan, dkk. 2020. Starategi belajar mengajar. Penerbit Bhineka Cipta Yogyakarta.

Kristin, F. 2016. Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal pendidikan dasar perkhasa. 2(1). 90-98.

Lestari, dkk. 2016. Pengaruh pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar matematika. Jurnal pengaruh pembelajaran multimedia. 2(1). 169-179.

Mair. Z. 2017. Media pembelajaran sistem pernapasan pada manusia berbasis multimedia. Jurnal teknik informatika politeknik Sekayu. (TIPS). 4(1). 20-30.

Marliani, N. 2015. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri matematis project (MMP). Jurnal formatif. 5(1). 14-25.

Nidawati. 2013. Belajar dalam perspekif psikologi dan agama. Jurnal pionir. 1(1). 13-28.

Nurhayati, E. 2019. Penerapan buku saku dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pasca gempa bumi. Jurnal kependidikan. 5(2). 94-99

Purwanto. 2011. Evaluasi hasil belajar. Penerbit pustaka belajar Yogyakarta.

Sakkir, dkk. 2020. Model pembelajaran respons verbal dalam kemampuan berbicara. Jurnal pendidikan. 4 (1). 113-122.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-26

Cara Mengutip

Fitri Handayani Siregar, Lukman Hakim Siregar, & Ermawita. (2024). PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 41–47. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1476

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>